Sekda Dorong Pemuda Tingkatkan Kreatifitas

Jambi, Potret.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,S.H.,M.H., menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya mendorong para pemuda Jambi untuk meningkatkan kreatifitas salah satunya melalui E-Sport.

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada acara Rapat Koordinasi E-Sport Povinsi Jambi, bertempat di Aula Kantor Badan Intelejen Negara Daerah Provinsi Jambi, Kamis (31/03/2022).

Sekda mengemukakan, perkembangan dan kemajuan teknologi membawa banyak perubahan dalam semua sektor kehidupan manusia, termasuk dalam sektor olahraga. E-Sport (Electronic Sport) merupakan jenis olahraga berbasis peralatan elektronik seperti komputer, handphone, atau konsol game seperti play station dan Xbox dengan banyak genre dan titel game esports yang dipertandingkan di seluruh dunia dalam format turnamen dari skala kecil, komunitas, sampai kejuaraan dunia.

“Saya mengharapkan melalui E-Sport para pemuda Jambi bisa meningkatkan kreativitasnya dan menjadikan E-Sport ini untuk meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi dan adaptif dengan perkembangan teknologi pendukung         E-Sport, serta meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan memenangkan kompetisi secara sportif,” ujar Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengapresiasi atas pelantikan Kepala Badan Intelejen Daerah Provinsi Jambi, Brigjen Pol. Irawan David Syah sebagai Ketua Pengurus Provinsi E-sports Provinsi Jambi pada tanggal 14 Maret 2022 kemarin. “Saya berharap Bapak dan jajaran pengurus bisa memajukan E-Sports di Provinsi Jambi, termasuk dengan pembentukan kepengurusan diseluruh Kabupaten dan Kota se Proviinsi Jambi, agar kita bisa kompetititf dengan daerah lain di Indonesia,” kata Sekda.

Sekda menuturkan, berkaitan dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi E-Sport Provinsi Jambi ini, seluruh peserta Rakor bisa memberikan ide-ide kreatif dan gagasan-gagasan konstruktif untuk kemajuan kepengurusan E-Sport Provinsi Jambi serta untuk kemajuan E-Sports Provinsi Jambi. Pengurus E-Sports Provinsi Jambi harus bekerja sama dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan sehingga bisa menjadikan E-Sports ini sebagai ajang meningkatkan silaturahmi, persatuan dan kesatuan para pemain sports Provinsi Jambi, khususnya para generasi muda.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi, Budi Setiawan mengatakan, KONI Provinsi Jambi sangat mengapresiasi rapat Koordinasi E-Sport dan kepengurusan E-Sport Provinsi Jambi karena baru berjalan satu kepengurusan tapi sudah lengkap sampai ke Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Ketua Pengurus Provinsi E-Sport Jambi Brigjen Pol. Drs.Irawan David Syah mengatakan, pesatnya perkembangan industri kreatif pada bidang game ini termasuk di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini terus mengalami peningkatan yang positif. Industri game telah membawa sebuah industri yang menjadi fenomena dunia dan naik daun di Indonesia yaitu industry E-Sport.(Red)