Al Harus Dorong Pencak Silat Jambi Raih Prestasi

Jambi, Potret.co.id – Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyatakan akan terus mendorong pencak silat Provinsi Jambi untuk dapat meraih prestasi dikancah nasional.

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada acara Kejuaraan Nasional Pencak Silat Himpunan Seni Silat Indonesia Generasi Penerus (HIMSSI GP) II Piala Gubernur Tahun 2022, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Baru Jambi, Sabtu (26/03/2022).

“Saya sangat merespon kegiatan ini sebagai ajang bagi para pesilat Jambi, dimana Provinsi Jambi ini banyak memiliki pesilat yang handal dan berkualitas. Kejuaraan ini adalah suatu event yang sangat menggairahkan bagi para atlet kita, karena selama dua tahun ini dilanda pandemi Covid-19 membuat semua cabang olahraga tidak berkembang,” ujar Al Haris.

Al Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung dan akan membina secara khusus olahraga pencak silat ini, karena Jambi memiliki potensi yang sangat besar, sehingga sudah sewajarnya Provinsi Jambi harus punya prestasi yang dapat mengharumkan dan membanggakan nama Provinsi Jambi.

Lebih lanjut, Al Haris menuturkan, seni bela diri pencak silat merupakan seni bela diri tradisional warisan nenek moyang yang mengedepankan seni keindahan dalam setiap gerakan atau jurusnya. Dunia melalui UNESCO telah mengakui pencak silat sebagai warisan budaya Nusantara. Untuk melestarikan warisan budaya tersebut perlu upaya bersama sebagai anak bangsa dalam menjaga kelestarian olahraga pencak silat sebagai bagian budaya Indonesia, dengan terus memperkenalkan olahraga pencak silat kepada masyarakat, dan mengadakan perlombaan sehingga rasa memiliki masyarakat kepada seni bela diri ini semakin meningkat.

“Saya berharap, dalam kejuaraan nasional ini, selain menjadi ajang silahturahmi dan mempererat jalinan persaudaraan antar kontingen atau perguruan setiap Provinsi di Indonesia, namun juga sebagai wadah pengembangan pencak silat bagi generasi penerus, serta sebagai ajang meningkatkan kualitas sehingga dapat menjaring bibit-bibit muda berbakat yang nantinya akan difasilitasi, dibina, dan dikembangkan sehingga dapat menjadi perwakilan di event Internasional mendatang,” tutup Al Haris.

Ketua Pengurus Daerah HIMSSI GP Jambi Alion Maysen melaporkan Kejuaran Nasional ini diikuti oleh 700 orang atlet dan 250 orang official dan dihadiri oleh Provinsi di Indonesia terutama  15 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatra Selatan dan 11 Kabupaten Kota Provinsi Jambi. (Red)