Dinas Dukcapil Kota Jambi Jemput Bola untuk Perekaman E’ KTP

Kota Jambi, Potret.co.id – Masyarakat Kota Jambi yang berada di daerah KONI dan sekitarnya yang belum melakukan perekaman atau pembuatan E’ KTP, bisa melakukan perekaman dan pembuatan E’ KTP yang di laksanakan oleh Dinas Dukcapil Kota Jambi dan di support juga oleh Dinas Sos Provinsi Jambi.

Kegiatan perekaman dan pembuatan E’ KTP tersebut di laksanakan di pelataran parkir stadium tri lomba juang KONI kecamatan pasar kelurahan sungai asam, Sabtu(4/12).

Wakil Walikota Dr.dr.H.Maulana MKM mengatakan ada 240 masyarakat berbagai macam penyelesaian masalah administrasi kependudukan seperti pembuatan KTP, KK, kartu identitas anak, kartu kematian, akte kelahiran, semua di proses di sini langsung jadi dan di cetak.

“Ini adalah suatu inovasi dan pelayanan reaksi cepat yang turun ke spot-spot masyarakat yang di inisiasi oleh Dinas Dukcapil Kota Jambi dan di bantu oleh Dinas Sos Provinsi Jambi,” Ucapnya.

Maulana menekankan ke semua jajaran ikhlas memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya mengenai administrasi kependudukan.

“Karena data kependudukan ini sangat dinamis, karena setiap hari ada yang lahir, ada yang meninggal, ada yang menikah, cerai dan pindah alamat, itu semua butuh penyelesaian administrasi kependudukan termasuk yang paling penting sekarang dalam kontek penguatan ekonomi adalah pendataan masyarakat untuk mendapatkan bantuan sosial, sehingga bulan yang lalu di input datanya supaya bantuan-bantuan sosial tepat sasaran, karena masih ada masyarakat yang miskin dan kurang mampu miskin ekstrim data kependudukannya kurang lengkap, maka tidak bisa karena semua berbasis N.I.K,” Jelasnya.

Maulana berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, bisa mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan nya.

“Jngan hanya di perlukan misalnya mengurus anak masuk ke sekolah tertentu baru sibuk ngurus dengan waktu yang sangat mepet. Jadi ketika ada perubahan data silahkan urus ke kantor Dukcapil boleh dan insha Allah tahun depan ke mall pelayanan publik dan bisa juga ke pelayanan reaksi cepat yang berada di tengah masyarakat,” Ujarnya.

Terkait warga yang sudah mampu yang tidak mau keluar dari program PKH, Maulana mengatakan, akan ada wisuda dan pendamping yang akan membuat assessment.

‘Tetapi penilaian tersebut tidak di nilai satu sisi saja seperti tidak punya pekerjaan dan lainnya,hal itu menjadi indikator penilaian untuk penerima program PKH,” Tambahnya.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi Nirwan Ilyas mengatakan kartu identitas anak itu di terbitkan untuk usia di bawah 17 tahun dan kekuatan kartu identitas anak tersebut sama dengan KTP.

“Alhamdulillah untuk pencapaian di Jambi sudah cukup baik dan sudah mencapai 56 persen untuk kartu identitas anak (K.I.A) dan kalau nasional 36 persen,” Jelasnya.

Reporter : Arianto