Maulana: Kita Butuh Koordinasi Lintas Sektoral untuk Menanggulangi Kemiskinan di Kota Jambi

Kota Jambi, Potret.co.id – Wakil Walikota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM mengatakan penanggulangan kemiskinan merupakan upaya lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan.

“Oleh karena itu peran dan keterlibatan pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan sangat penting,” ucapnya dalam pertemuan koordinasi memperkuat sinergi penanggulangan kemiskinan di kota Jambi.

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2020. Orang nomor dua di Kota Jambi ini secara langsung memimpin koordinasi penguatan peran TKPK untuk percepatan penanggulangan kemiskinan di Jakarta, Rabu (17/11).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Drs. Noviarman, ME, Kadis Pendidikan Drs. Mulyadi, M,Pd, Kadis Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Komari, SH, MH, Kadis Perumahan Mahruzar, ST, dan Dinas PUPR serta Bappeda Kota Jambi.

Menurut Maulana untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 53 tahun 2020 tersebut. TKPK diberikan amanat untuk melakukan koordinasi perumusan kebijakan, perencanaan dan pemantauan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di daerah.

“Kita ingin Penyusunan Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) sebagai penjabaran dari strategi dan program penanggulangan kemiskinan di kota Jambi bisa terlaksana sesuai dengan indikator yang disepakati, antara pusat dan daerah,” Ujarnya.

Maulana juga menjelaskan, jika indikator ini disepakati, Pemerintah Kota dapat menyusun Rencana Aksi Tahunan (RAT) sebagai penjabaran dari rencana penanggulangan kemiskinan daerah.

“Insya allah Kota Jambi fokus dalam hal penanggulangan kemiskinan,” tandasnya.(RI)