Puluhan Aktivitas PETI Beroperasi dengan Damai di Sekitaran Lokasi PKS PT.CSH Pelepat-Bungo

Bungo, Potret.co.id –¬†Bukan hanya menggunakan alat berat, pelaku PETI di wilayah kawasan Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, masih marak dengan menggunakan mesin dompeng.

Kali ini wartawan media Potret.co.id melakukan investigasi di daerah perbatasan Desa Sekampil dan Desa Sungai Beringin yang berada di wilayah Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo-Jambi. Senin (04/10/21).

Menurut informasi yang didapatkan, ada puluhan set mesin dompeng yang sedang beraktivitas menambang emas secara ilegal tersebut berada tidak jauh dari lokasi Pabrik Kelapa Sawit PT.CSH Desa Sekampil Kecamtan Pelepat, Kabupaten Bungo-Jambi.

 

Foto kondisi air yang ada dilokasi aktivitas PETI di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo

Untuk mendalamkan informasi, wartawan kami berhasil mewawancarai satu pemilik PETI yang mengaku berasal dari Desa Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo-Jambi, mengatakan kalau dilokasi ini ada belasan bahkan puluhan set mesin dompeng yang beroperasi menambang emas secara ilegal.

Pelaku PETI yang tidak mau disebutkan namanya ini mengaku, bahwa selama ia melakukan aktivitas PETI dilokasi tersebut membayar uang setoran sebesar satu juta rupiah perminggu kepada seorang bernama Mus yang tinggal di Desa Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo-Jambi.

“Kami disini setor kepada Mus setiap seminggu sekali sebanyak satu juta rupiah, untuk pembayaran lokasi, dan uang itu dia yang jembut ke lokasi,” ujarnya.(Abu)