Al-Haris Minta Penyaluran Beras Tepat Waktu dan Sasaran

Jambi, Potret.co.id – Gubernur Jambi Al Haris meninjau langsung gudang Bulog Jambi, Rabu (21/7), untuk memastikan penyaluran bantuan beras akibat dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021 untuk Provinsi Jambi siap didistribusikan kepada masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tepat waktu dan tepat sasaran.

Dalam kunjungan kali ini, Gubernur diterima langsung oleh Kepala Bulog Divre Jambi H Defrizal, tampak beberapa pejabat Pemerintah Provinsi Jambi mendampingi Gubernur Jambi yaitu Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II), Ir Agus Sunaryo, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Jambi Arif Munandar dan Kepala OPD terkait lainnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara. Di lokasi gudang Bulog tersebut, gubernur berdialog dengan Kepala Bulog dan memeriksa kondisi beras yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Dalam sesi wawancara, gubernur menyampaikan bahwa kunjungannya ini untuk melihat langsung kondisi beras yang akan disalurkan kepada masyarakat dan kendala apa saja yang dihadapi dalam penyalurannya. “Beras yang saya lihat sangat bagus, yaitu beras medium dan sangat layak untuk dikonsumsi masyarakat. Bantuan ini memang diberikan oleh Presiden untuk Provinsi Jambi dan akan disalurkan sampai ke Kabupaten/Kota yang datanya sudah ada di dinas sosial. Bantuan ini memang dalam rangka untuk menghadapi kondisi negara yang sedang dalam kondisi PPKM yang berdampak langsung bagi masyarakat” ujar Al Haris.

Dijelaskan Al Haris bahwa pemerintah daerah dan Bulog tentu akan menyalurkan bantuan ini dengan baik kepada masyarakat. “Bantuan ini akan disalurkan tepat sasaran dan dalam waktu yang cepat, karena ini memang Pak Presiden langsung meminta. Tentu kita berharap target pengirimannya cepat, yang menerima bantuan tepat dan bisa mengatasi masalah ekonomi di masa PPKM ini. Kita harapkan mudah-mudahan ini bisa mengatasi masalah-masalah ekonomi dan bisa memberikan bantuan bagi masyarakat. Untuk itu saya minta mulai dari ketua RT hingga Lurah, Camat dan Dinas Sosial, pendamping PKH lagi di desa-desa, mohon dibantu untuk menyampaikannya jangan sampai nanti ada salah informasi,” katanya.

Gubernur juga menjelaskan, kondisi dari Provinsi Jambi sendiri dimana Kota Jambi saat ini berada di level tiga, hal ini mengharuskan pemerintah daerah bekerja keras dan meningkatkan sinergitas untuk menekan kasus covid di Provinsi Jambi. “Kota Jambi saat ini ada di level 3, itu artinya Bupati/Walikota, kita semua harus mampu menekan sedini mungkin agar tidak terjadi ledakan yang luar biasa. Untuk itu penerapan prokes harus dijalankan dan vaksin harus dipercepat, ” katanya.

Pemimpin Wilayah Perum BULOG Jambi, Defrizal menyampaikan bahwa, untuk seluruh Kabuputen/Kota di Provinsi Jambi jumlah Beras Bantuan PPKM yang disalurkan untuk jumlah KPM penerima beras bantuan sebanyak 153.990 KPM terdiri dari 94.531 KPM PKH dan 59.459 KPM BST.
“Di mana masing-masing KPM menerima beras bantuan PPKM sebanyak 10 Kg/KPM. Beras yang disalurkan adalah beras CBP dengan kualitas medium,” kata Defrizal. (*)