Disini Posko Siaga Banjir yang Disiapkan Walikota Jambi

Kota Jambi, Potret.co.id – Bertempat di lapangan Mako Damkar Kota Jambi, Walikota Jambi H.Syarif Fasha menjadi Irup Apek gelar pasukan siaga bencana, Selasa (09/03/21).

Upacara tersebut juga diikuti oleh unsur Forkopimda gabungan termasuk juga dari Basarnas.

Apel siaga bencana merupakan mitigasi untuk upaya pencegahan apabila terjadi bencana di kota Jambi.

Fasha menambahkan, ada beberapa bencana yang rutin terjadi di kota Jambi yaitu bencana kebakaran, banjir, karena kita ketahui air sudah berada di posisi Tebo yang di prediksi akan turun ke Kota Jambi.

“Terkait Karhutla, memang di Kota Jambi tidak ada hutan, tetapi biasanya akibat kebakaran lahan di kabupaten-kabupaten, maka asapnya akan ke Kota Jambi. Jadi untuk itu kita persiapan untuk mitigasi tersebut,” paparnya.

Fasha menambahkan bahwa anggaran yang di siapkan untuk kesiap siaga bencana tersebut sekitar Rp 9 Milyar.

“Untuk bencana seperti kebakaran kita akan bantu dana pembangunan rumah dan lainnya dan kalau ada bencana banjir, maka kita bisa bantu sembako dan lainnya,” ucapnya.

Di tanya titik posko untuk banjir tersebut, Fasha mengatakan ada di Kecamatan Telanaipura, Kecamatan Jelutung, Kecamatan Jambi Timur dan beberapa titik di Kecamatan Alambarajo.

“Tentang repocusing Kota Jambi, kita telah menyiapkan sekitar Rp 76 Milyar untuk repocusing Covid-19 tersebut,” kata Fasha.

Fasha menjelaskan bahwa dana repocusing tersebut di ambil dari perjalanan dinas, “kita potong 50 persen dan belanja habis pakai kita potong sekitar 30 persen selanjutnya dari TPP kita tunda 1 bulan termasuk DPRD,” cetusnya. (RI)