Aktivitas PETI di Batu Kerbau Ancam Keselamatan Warga

Bungo, Potret.co.id – Sempat heboh di media sosial tentang beberapa alat berat ekskavator digiring keluar dari lokasi penambangan emas di Dusun Batu kerbau Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo beberapa waktu yang lalu, dan sempat membuat masyarakat merasa senang.

Namun aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) menggunakan Ekskavator di Daerah Dusun Batu Kerbau Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, semakin menjadi.

Hal itu dikatakan oleh seorang warga yang enggan disebutkan namanya ketika dikonfirmasi.

Ia mengatakan, pemilik alat berat yang berkerja menambang emas tersebut sudah kebal hukum.

Pasalnya, sudah beberapa kali dirazia, mereka masih saja melakukan penambangan.

“Sepertinya mereka sudah kebal hukum, sudah sering dirazia, tapi tetap saja masih ada yang menambang didalam lokasi tersebut, (Red, Batu Kerbau), dan ini terbukti, karena aliran sungai dari Batu Kerbau yang jatuh ke dusun kami masih kotor dan keruh,” paparnya.

Mereka merasa dirugikan, sebab hampir semua masyarakat Kecamatan Pelepat yang tinggal berdekatan dengan sungai tersebut, sering menggunakan air itu untuk mandi bahkan membuat air tersebut untuk minuman sehari-hari.

“Kalau sudah keruh seperti ini, siapa yang mau mandi dan kemana lagi kami harus mencari air minum yang bersih. Kami minta kepada pihak penegak hukum dan Pemerintah Kabupaten Bungo yang mempunyai kewenangan, agar segera cepat menyelesaikan masalah ini, biar lingkungan kami kembali bersih seperti semula. Masalah kami belum hilang, ini bisa mengancam keselamatan kami,” tegasnya.(Mey)