Fasha Resmikan Pasar Rakyat Pasir Putih

Kota Jambi, Potret.co.id – Pemerintah Kota Jambi berkomitmen untuk merevitalisasi pasar tradisional yang ada di Kota Jambi.

Program tersebut sedang digencarkan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha yang bertujuan untuk membangun dasar perkonomian kerakyatan yang bersumber pada revitalisasi pasar tradisional dan menggabungkan fungsi pasar dengan fungsi-fungsi ekonomi lain.

Hal itu disampaikan Wali Kota Jambi Syarif Fasha saat meresmikan Pasar Rakyat Pasir Putih, Jambi Selatan, Kamis (4/3).

Hadir mendampingi Walikota, Kapolresta Jambi, Kadisperindag, Kadis PUPR, Camat, Lurah, dan pedagang pasar setempat.

Kata Fasha, terdapat 132 pedagang yang telah direlokasi ke pasar tersebut. Pasar yang berada di sekitar jalan menuju Bandara Sultan Thaha, juga diharapkan Wali Kota dua periode ini tidak menganggu aktivitas lalu lintas di sana.

Tentunya ini dilakukan dengan membuatkan rambu larangan parkir serta menyediakan lahan parkir yang cukup.

“Nanti akan saya instruksikan Dishub buat rambu larangan parkir. Selain itu juga nanti akan kita luaskan tempat parkirnya,” sebut Fasha.

Di samping itu, dengan hadirnya Pasar Rakyat Pasir Putih, Syarif Fasha berharap, bisa menimbulkan animo masyarakat untuk berbelanja di sana dan dapat menggerakkan perekonomian, khususnya bagi warga di Kecamatan Jambi Selatan.

“Selain itu, hadirnya pasar tradisional modern ini, tidak membuat penjual atau pembeli mengeluh pasar yang becek. Ini sudah bersih dan memenuhi standar pada umumnya,” jelas Fasha.

Sementara, mengenai Pasar Kito yang berada di Jalan RB Siagian Fasha menyebutkan, nantinya akan diurus oleh OPD terkait seperti Perkim, Dishub, dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP).

“Nanti akan dicek izin-izinnya seperti apa. Mereka yang mengurusnya,” timpalnya.

Tak hanya itu, bahkan ratusan pedagang tersebut, selama 3 bulan ke depan dibebaskan dari biaya retribusi oleh pihaknya.

“Tapi hanya tiga bulan ya gratisnya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala DPP Kota Jambi, Komari mengatakan, pasar rakyat merupakan suatu wujud dalam mengelola sumber daya ekonomi oleh masyarakat itu sendiri. Dengan adanya pasar tersebut, juga sesuai dengan visi misi Wali dan Wakail Wali Kota Jambi dalam peningkatan ekonomi di tengah masyarakat.

“Pasar ini dibangun tahun 2020 dengan jumlah ratusan lapak dan beberapa kios. Sudah kita lengkapi dengan listrik, air, IPAL. Para pedagang berasal dari relokasi Pasar Kito dan beberapa warga sekitar,” ungkapnya.

Sementara Mustamin, Perwakilan Para Pedagang mengucapkan rasa terima kasih, dengan dibangunnya Pasar Rakyat Pasir Putih tersebut. Termasuk bantuan beberapa unit gerobak dan boks penyimpan ikan.

“Ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Jambi kepada pedagang. Kami juga berharap adanya pembinaan terhadap kami para pedagang di sini,” tutupnya. (Ari)