Fachrori: Terima Kasih Masyarakat Jambi

Jambi, Potret.co.id – 12 Februari 2021, masa jabatan Gubernur Jambi H Fachrori Umar akan berakhir. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi menyelanggarakan Malam Purna Bakti Gubernur Jambi Sisa Masa Jabatan 2016-2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (10/2) malam.

Acara tersebut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh adat, para OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dan para insan pers.

Pada kesempatan tersebut, dengan sikap kebersahajaan, Fachrori Umar yang didampingi Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarta (TP PKK) Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Jambi dan seluruh komponen masyarakat, yang telah mendukung program pemerintahan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

”Dengan tulus, saya mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota, semua bupati dan wali kota se Provinsi  Jambi beserta jajaran, instansi vertikal di Provinsi Jambi, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tuo tengganai, cerdik pandai, dunia usaha, berbagai organisasi kemasyarakatan, mahasiswa, insan pers, dan kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Jambi. Semoga kedepan kita bisa meningkatkan kontribusi bagi pembangunan Provinsi Jambi,” ungkap Fachrori.

Fachrori menuturkan, dirinya dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Jambi pada tanggal 10 April 2018. Kemudian, ia dilantik oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Gubernur Jambi pada tanggal 13 Februari 2019. Dan pada tanggal 12 Februari 2021, masa jabatannya sebagai Gubernur Jambi sisa masa jabatan 2016-2021 akan berakhir.

Fachrori mengatakan, dalam pelaksanaan program pembangunan tersebut, tentu banyak tantangan yang dihadapi, termasuk kaitannya dengan sangat banyaknya kebutuhan pembangunan sedangkan kemampuan anggaran sangat terbatas. Selain itu, munculnya pandemi Covid-19 sebagai kondisi yang sangat sulit dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya, dimana pandemi Covid-19 membuat perekonomian dan kehidupan sosial sangat berbeda, serta sangat menekan perekonomian Provinsi Jambi bahkan perekonomian dunia.

Fachrori juga menututurkan berbagai capaian Jambi TUNTAS (Tertib, Unggul Nyaman, Adil, dan Sejahtera), visi Pemerintah Provinsi Jambi dibawah kepemimpinannya, diantaranya Tahun 2015 yang menjadi tahun dasar titik tolak RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021, pertumbuhan ekonomi 4,21 persen, tahun 2019 tumbuh 4,4 persen, tahun 2018 tumbuh 4,71 persen.

Terkait berbagai penghargaan yang diraihnya selama memimpin Provinsi Jambi, Fachrori justru menanggapinya dengan rendah hati. ”Saya yakin itu semua buah dari kerja keras dan kerja sinergis kita. Semoga berbagai capaian dan prestasi bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan, dan berbagai kekurangan-kekurangan dalam tata kelola pemerintahan Provinsi Jambi bisa diperbaiki,” kata gubernur yang sering menyampaikan nasehat dalam pidatonya ini.

Fachrori mengungkapkan, dalam menjalankan amanah sebagai Gubernur Jambi, tentu banyak kekurangan, juga pasti ada salah dan khilaf. Untuk itu, dirinya secara pribadi, atas nama keluarga, dan sebagai Gubernur Jambi mohon maaf kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi, selanjutnya ia mohon pamit.

”Saya berharap, kedepannya Provinsi Jambi yang kita cintai ini jauh lebih maju, lebih berdaya saing, serta masyarakatnya jauh lebih sejahtera dan lebih rukun. Selain itu, saya juga berharap agar semua pemangku kepentingan terus bersatu padu dan lebih sinergis dalam pembangunan,” tandas Fachrori.

Sebelumnya, mewakili masyarakat Provinsi Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyampaikan berbagai kesannya kepada sosok Fachrori Umar, yaitu sederhana, ramah, rajin beribadah, dan kerap memberikan nasehat. “Beliau orang baik, nothing to loose, dan keinginannya untuk kemajuan Provinsi Jambi luar biasa,” kata Edi Purwanto.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH,MH mewakili OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Fachrori Umar atas berbagai suri tauladan dan nasehat yang diberikannya kepada seluruh OPD.

Sudirman juga memohon maaf atas berbagai kekurangannya dan seluruh OPD kepada Fachrori Umar selama memimpin Provinsi Jambi. “Saya yakin, purna bakti, Pak Fachrori Umar akan mempunyai tugas dan pengabdian yang lain, karena pengabdian bukan hanya dalam pemerintahan. Apalagi beliau seorang ulama, bisa melakukan pengabdian dalam pembangunan akidah dan akhlak,” pungkas Sudirman.

Tarian tradisional Jambi Selapit Delapan dan Zara Zapin dan persembahan lagu dari Tim Kesenian Gubernuran Jambi turut memeriahkan acara tersebu. (Red)