Tiga Pelaku PETI di Dusun Sungai Buluh Dibekuk Polisi

Bungo, Potret.co.id – Tiga orang Penambang Emas Tanpa Izin (PETI), ditangkap polisi saat beraktivitas.

Berdasarkan keterangan kepolisian, ketiganya ditangkap di Dusun Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah, Rabu (20/1/2021) kemarin.

Kapolres Bungo, AKBP M Lutfi melalui Paur Humas Polres Bungo, Iptu M Nur mengungkapkan, penangkapan itu dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB.

“Dari pengungkapan aktivitas PETI itu, tim mengamankan WW (25), WG (50), dan AR (19) warga Dusun Danau dan Dusun Padang Pelange,” kata M Nur, Jumat (22/1/2021).

Aktivitas PETI atau dompeng di Dusun Sungai Buluh ini terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat.

Tim Spartan Satreskrim Polres Bungo yang mendapat informasi itu langsung berangkat menuju lokasi yang diduga menjadi tempat aktivitas dompeng, pada Rabu siang, sekitar pukul 14.30 WIB.

Tim kepolisian kemudian melakukan penyisiran dan menemukan satu set mesin yang dioperasikan untuk tambang emas ilegal dan mengamankan tiga orang yang diduga pekerja dompeng.

Pihak kepolisian selanjutnya mengamankan barang bukti dan para pekerja kegiatan penambangan emas tanpa izin itu ke Polres Bungo.

Polisi juga amankan sebuah mesin diesel, cangkul, 2 paralon, selembar karpet, 1 spiral, 2 tali fanbelt, 1 engkol, gabang, sebotol air raksa, ember, dan 1 unit alat dulang.

“Ketiganya saat ini disangkakan dengan pasal 158 Undang-undang RI nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara,” ungkap M Nur.(Rick)