Selain Ganja, Ternyata ini yang Ditanam Sudirman dan Cucunya

Bungo, Potret.co.id – Tim Serigala Codet Satres Narkoba Polres Bungo bersama Polsek Limbur Lubuk Mengkuang berhasil menemukan 3 hektar ladang ganja.

Ganja tersebut ditanam oleh dua orang laki-laki bernama Sudirman (56) tahun, bersama cucunya Kefli (24) tahun, di Dusun Rantau Tipu, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Menurut Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi, mengatakan bahwa ganja tersebut tumbuh dengan subur dikarenakan iklim di lokasi cukup mendukung untuk tanaman jenis ganja.

Selain ganja, kakek dan cucu ini juga menanam kopi dilahan seluas 3 hektar tersebut.

Kedua pelaku ini merupakan warga pendatang dari Pagar Alam, Sumatra Selatan.

Mereka mengambil kesempatan untuk menanam ganja di sela-sela pohon kopi yang sudah tinggi.

Kapolres juga menerangkan bahwa pelaku Sudirman sudah 3 tahun berdomisili di Kampung Talang Palembang, Dusun Rantau Tipu. Sementara cucunya Kefli baru berdomisili selama 1 bulan.

Kebun tersebut bukan milik pelaku, namun pelaku hanyalah pengelola.

“Pelaku ini sebenarnya dipercaya untuk menanam kopi oleh pemilik. Namun, ketika pohon kopi sudah cukup besar, pelaku menanam ganja di sela sela pohon kopi tanpa sepengetahuan pemilik kebun,” jelas Kapolres.

Pelaku mendapatkan bibit tanaman ganja tersebut dari kampung pelaku yakni Pagar Alam.

Sebelumnya, pelaku juga pernah menanam ganja di Pagar Alam sebelum berpindah ke Kabupaten Bungo.

“Selain pohon ganja segar, kita juga mengamankan barang bukti ganja kering siap edar yang sudah proses seberat 36 Kg, serta 3 pucuk senjata api rakitan. Jika diuangkan sekitar Rp 1 milyar Barang haram ini rencananya akan di jual ke wilayah Pagar Alam,” jelas Lutfi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku akan dijerat dengan pasal 114 dan 111 UU nomor 35 tahun 2009 tentan penyalahgunaan narkotika dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara. (Red)