Baca Disini, Tips dan Trik Perawatan Sepeda Motor dari Honda Sinsen

Jambi, Potret.co.id – Mengundang seluruh media Jambi, PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) main dealer sepeda motor Honda di Provinsi Jambi kembali mengadakan Webinar dengan tema “Tips & Trik Perawatan Sepeda Motor”. (10/10)

GM Marketing Operation Sinsen Erwin Susanto mengatakan media di Jambi banyak yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor untuk dijadikan alat transportasi yang memudahkan dalam meliput berita di suatu lokasi atau tempat sebagaimana market share Honda saat ini sudah mencapai 81%. Oleh karenanya kami ingin berbagi Tips & Trik Perawatan Sepeda Motor kepada seluruh team media. Sharing secara teknik disampaikan oleh Senior Technical Instructor Sinsen, Erfinando.

Erfinando, memaparkan ada 5 (lima) poin penting dalam perawatan sepeda motor Honda, yaitu :

1. Fuel System (Sistem Bahan Bakar)
Selalu memperhatikan volume bahan bakar dan kualitas bahan bakar, area tangki bahan bakar/tutup tangki bahan bakar tetap kering, tidak memodifikasi/melepaskan part terkait, dan jangan terlalu sering membiarkan tanki bahan bakar kosong/kurang

2. Engine (Mesin)
Lakukan pergantian oli secara periodik/teratur, selalu pergunakan Oli sesuai rekomendasi pabrikan, tidak dibenarkan untuk melakukan modifikasi diluar standar pabrikan dan selalu menggunakan part yg direkomendasikan pabrikan.

3. Electrical (Kelistrikan)
Mengganti part/komponen electrical sesuai dengan spesifikasi sepeda motor, lakukan pergantian busi sesuai dengan masa pakai busi dan rekomendasi dari mekanik/teknisi dan tidak di anjurkan untuk memakai part/komponen kelistrikan yang tidak sesuai spesifikasi sepeda motor.

4. Chasis (Rantai)
Bersihkan rantai dari kotoran secara rutin, pastikan rantai memiliki ketegangan yang cukup, lumasi rantai motor secara berkala dengan menggunakan pelumas rantai, dan ganti gear depan belakang juga rantai roda secara bersamaan dan selalu menggunakan part asli dikarenakan akan lebih awet dan tahan lama.

5. Jika mencuci sepeda motor hindari menggunakan air bertekanan tinggi pada area tertentu yang dapat mengganggu/menyebabkan permasalah pada komponen sepeda motor (air bertekanan tinggi sebaik dipergunakan untuk membersihkan bagian ban, dan bawah dari spackboard).(Red)