Tidak Pakai Masker, Puluhan Warga Bungo Kena Sanksi Sosial

Bungo, Potret.co.id – Puluhan warga terjaring dalam Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (OYPK) yang digelar petugas gabungan di Kabupaten Bungo. Selasa (29/09/2020) malam.

Petugas gabungan itu terdiri atas Polresta, Kodim, BPBD, Dinas Perubungan dan Satpol PP Kabupaten Bungo.

Adapun lokasi operasi tersebar di berbagai titik keramaian tempat warga melintas di tengah kota Bungo.

Kabak Ops Sat Pol PP Bungo, Ihwan Syam, mengatakan, para pelanggar yang terjaring operasi yustisi tersebut diberi berbagai sanksi. Mulai dari sanksi teguran, sanksi sosial, hingga sanksi administrasi berupa denda maksimal Rp 50 ribu.

“Dan malam ini para pelanggar terjaring operasi yustisi diberi sanksi teguran sosial, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, baca Pancasila, push up dan membersihkan sampah dijalanan,” ucapnya.

Setelah diberikan sanksi, para pelanggar juga diingatkan mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan setiap saat.

Di antaranya, selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Ihwan juga menegaskan kepada pelaku usaha seperti warnet, caffe dan tempat hiburan lainnya agar menyiapkan alat protokol kesehatan, dan harus tutup di jam 12 malam.

“Apabila tidak mematuhi aturan tersebut, maka kami akan mencabut izinnya sesuai aturan yang berlaku, ini demi memutuskan penyebaran Covid -19,” tegasnya. (Mey)