Rahima Ajak Kader PKK Tunjukkan Peran Cegah Penularan Covid-19

Bungo, Potret.co.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori mengajak seluruh kader TP PKK mulai dari tingkat Provinsi sampai ke tingkat Desa untuk menunjukkan peran PKK dalam membantu Pemerintah melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, khususnya Provinsi Jambi.

Hal tersebut dikemukakan Rahima saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka Gerakan Bersama Menggunakan Masker, yang dinamakan Gebrak Masker TP PKK Provinsi Jambi, yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Bungo, Kamis (10/09).

Sebelumnya, Rahima bersama rombongan TP PKK Provinsi Jambi membagikan masker kepada masyarakat yang berada di Pasar Atas Bungo sebagai aksi nyata dari Gebrak Masker. Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih turut serta dalam acara tersebut.

Gebrak masker merupakan kebijakan Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan TP PKK (Pusat), membuat gerakan secara nasional untuk memberikan bantuan masker kepada masyarakat, supaya pemakaian masker semakin massif, sebagai salah satu upaya dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Kita harus menunjukkan peran PKK dalam mendukung dan membantu Pemerintah melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19, salah satunya dengan Gebrak Masker ini. Saya mengajak seluruh kader untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait kebijakan TP PKK yaitu gerakan bersama memakai masker (Gebrak Masker), serta mengajak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” ujar Rahima.

“Memakai masker merupakan salah satu upaya kita bersama mencegah penularan Covid-19 yang diikuti dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena rendahnya disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker menjadi salah satu penyebab meningkatnya penularan Covid-19,” tambah Rahima.

Rahima mengingatkan untuk senantiasa membiasakan dan membudayakan 3 M yaitu, memakai Masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan Menjaga jarak. Hal ini sesuai dengan salah satu program prioritas PKK yaitu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Rahima mengharapkan agar Gebrak Masker dapat membantu pencegahan penularan Covid-19 yang sangat mengkhawatirkan semua pihak. “Mari bersama-sama kita perkuat peran PKK dalam membantu masyarakat secara luas hingga ke tingkat dasa wisma, dimana PKK harus hadir menjadi pelopor dan pelapor dalam mencegah penularan Covid-19 yang sangat berbahaya dan sangat memengaruhi sendi-sendi kehidupan,” pungkas Rahima.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bungo, Nining Wilasari,SE menyampaikan, kebijakan Gebrak Masker dari TP PKK Pusat merupakan salah satu bentuk upaya nyata dari TP PKK dalam membantu pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. Semua menyadari Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar, tidak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi sangat berdampak juga diberbagai sendi sendi kehidupan.

“Kita semua harus bahu membahu dalam mengatasi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, salah satunya dengan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk peduli dan patuh terhadap protokol kesehatan. Gebrak Masker ini merupakan upaya kita sebagai kader PKK dalam membantu Pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19,” kata Nining.

Nining melaporkan, TP PKK Kabupaten Bungo telah melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, dan tenaga kesehatan lainnya, mensosialisasikan gerakan selalu memakai masker dan melaksanakan penyuluhan tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan. “Kita secara langsung mengunjungi dusun-dusun untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Alhamdulillah, semua dusun yang ada di Kabupaten Bungo ini sudah mendapatkan sosialisasi dan penyuluhan terkait Covid-19,” tutup Nining.

Pada kesempatan tersebut, Rahima menyerahkan bantuan masker secara simbolis kepada Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bungo. Selanjutnya, Rahima juga secara langsung memberikan bantuan masker dan bantuan sembako kepada masyarakat Dusun Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. (Red)