Sudah Terdaftar, Tak Kunjung di Transfer.! Ternyata ini Penyebabnya

JAKARTA – “Teman saya sudah dapat, kok saya belum?’ pertanyaan itu terlontar, saya yakin, bank yang dipakai adalah bank non Himbara,” ucap Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Soes Hindharno, seperti dikutip dari Okezon.com, Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi)telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa subsidi gaji sebesar Rp1,2 juta kepada 2,5 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Namun tidak semua menerima karena masih ada pegawai atau pekerja yang belum memperoleh bantuan ini. Salah satu penyebabnya adalah rekening pekerja tersebut bukan BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

“Untuk pegawai yang menggunakan rekening bank non Himbara, jangan khawatir, sudah dalam proses,” ujar Soes.

Soes mengatakan, proses untuk transfer ke bank non Himbara memakan waktu sekitar 3-5 hari lamanya.

“Ini tergantung manajemen atau aturan internal perbankan. Misalnya BRI Cililitan ditransfer ke BRI Aceh, sehari sampai, tapi kalau dari BRI ke Mybank Kalimantan Timur misalnya, bisa memakan waktu maksimal 5 hari,” terangnya.

Untuk itu, dia berpesan agar hal ini tidak menjadi polemik lebih lanjut. Semua pekerja yang terdaftar dalam program BLT ini agar tidak resah dan sabar menunggu.

“Paling bedanya hanya 3-4 hari,” tuturnya.

(Red)