Sinsen Gelar Webinar Edukasi dan Sosialisasi Safety Riding bersama Media Jambi

Jambi, Potret.co.id – PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen), main dealer sepeda motor Honda di Provinsi Jambi menggelar kegiatan bertajuk “Webinar Edukasi dan Sosialisasi Safety Riding bersama Media Jambi”. (21/8).

Instruktur Safety Riding Honda Sinsen, Rudi Septiyadi mengatakan Ada 3 materi yang disampaikan dalam kegiatan Webinar Safety Riding kemarin, yang pertama tentang awareness atau kesadaran akan keselamatan berkendara, yang kedua tentang basic riding skill, dan yang ketiga adalah materi tentang #Cari_aman.

Ketiga materi ini sangat penting untuk diketahui guna untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Dalam materi awareness atau kesadaran, ada 2 hal yang perlu diketahui, yaitu keselamatan diri sendiri dan orang lain, keselamatan diri sendiri dan orang lain saat berkendara adalah hal yang wajib, untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain bisa dimulai dari ketaatan kita mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, banyak para pengendara sepeda motor yang tau arti dari rambu lalu lintas dan marka jalan, tapi sangat sedikit sekali dari mereka yang mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan tersebut, padahal dengan mematuhi aturan lalu lintas dan marka jalan, kita dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan.

Kemudian pada materi Basic Riding Skill, para peserta Webinar diberi pengetahuan tentang Teknik-teknik dasar berkendara, dimulai dari persiapan berkendara dan postur berkendara yang baik dan benar.

Persiapan berkendara dimulai dari pemanasan tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi saat berkendara, kemudian pengecekan kendaraan yang berfungsi untuk mengecek seluruh komponen kendaraan apakah layak untuk digunakan untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan dan yang terakhir tentang riding gear atau perlengkapan berkendara yang berfungsi untuk membuat pengendara motor lebih aman dan nyaman saat berkendara sepeda motor.

Tak lupa juga para peserta diberi pengetahuan tentang 7 postur berkendara yang baik dan benar yang meliputi mata atau arah pandangan, bahu yang rileks, siku yang agak sedikit ditekuk, tangan, pinggul, lutut dan kaki.

Dan yang terakhir adalah materi tentang #Cari_aman, para peserta diberi pemahaman tentang apa itu #Cari_aman dan mengapa #Cari_aman itu penting untuk keselamatan berkendara. Cari_aman adalah perspektif baru tentang keselamatan berkendara dengan menggabungkan lifestyle atau gaya hidup dengan keselamatan berkendara.

Helm dan jaket sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan helm dan jaket merupakan salah satu riding gear atau perlengkapan berkendara yang wajib digunakan saat berkendara, untuk itu Honda mempopulerkan tagline #Cari_aman agar para pengguna sepeda motor tidak lupa untuk selalu menggunakan helm dan jaket saat berkendara, tutup Rudi.

“Diakhir acara seperti biasanya kami mengadakan kuis dengan hadiah menarik, kami juga berterima kasih kepada para wartawan media Jambi yang turut ikut mengikuti kegiatan Webinar Edukasi dan Sosialisasi Safety Riding bersama Honda Sinsen kali ini” tutup Rudi.(Red)