Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi dan Ayam di Pasar Tradisional Bungo Masih Stabil

Bungo, Potret.co.id – Memasuki H-6 jelang hari raya idul fitri, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Muaro Bungo, masih stabil, senin (18/5/2020).

Namun harga ayam potong mengalami kenaikan.

Hal ini sampaikan langsung oleh Enggar Triwahyudi, Kabid Peternakan Kabupaten Bungo.

Ia menjelaskan, harga daging sapi masih bertahan di Rp. 120.000 per kilogram.

“Harga ini bisa saja berubah, tergantung permintaan pasar, namun dapat dipastikan, bahwa harga daging sapi menjelang lebaran ini masih bertahan di harga Rp. 120.000 per kilogram,” jelasnya.

Untuk harga ayam potong, Enggar menjelaskan, bahwa harga sebelumnya turun drastis dikarenakan pengaruh Covid-19, dan harga mulai naik lagi sebelum masuk bulan puasa.

“Harga ayam hidup yang sebelumnya Rp 10.000 per kilogram, kini menjadi Rp 25.000 per kilogram, sementara ayam yang sudah dipotong dan bersih, sudah di harga Rp. 35.000 per kilogram, dan ini sudah standar harga dari pusat,” paparnya.

Enggar mengatakan, untuk ketersediaan stok daging dan ayam potong sampai idul fitri, berdasarkan monitor dari pihak Dinas Pertenakan Kabupaten Bungo sangat cukup.

Dinas Peternakan Kabupaten Bungo berpesan kepada masyarakat yang ingin berbelanja bahan tersebut, agar jangan tertumpuk di H-1.

“kami minta kepada masyarakat, yang ingin membeli daging dan bahan masakan yang lainnya, agar bisa dibeli di hari Kamis dan jumat, sedikit demi sedikit. Ini untuk menghindari penumpukan konsumen, agar tidak ada lagi yang namanya kenaikan harga,” himbaunya. (Mey)