Hasan Basri Minan Resmi Dilantik Bupati Bungo Sebagai Rio Renah Sungai Ipuh

Bungo, Potret.co.id – Hasan Basri Minan, salah seorang calon Datuk Rio terpilih di Pilrio serentak 2020 Kabupaten Bungo, resmi dilantik oleh Bupati Bungo, kamis (09/04).

Hasan Basri Minan dilantik serempak dengan tujuh orang Rio terpilih lainnya, yang masing masing perwakilan dari tujuh Dusun dari dua Kacamatan, Jujuhan Ilir dan Limbur Lubuk Mengkuang.

Saat diwawancai oleh awak media, Hasan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bungo H Mashuri, yang sudah melantik kami sebagai Rio. Ia berjanji akan mengemban amanah ini dengan sebaik baiknya.

“Ini merupakan suatu dorongan semangat bagi saya untuk menjadi pemimpin yang amanah. Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat dan keluarga besar saya, yang sudah mendukung saya selama ini, sehingga saya bisa dilantik sebagai Rio Renah Sungai Ipuh,” ucapnya.

Sebelumnya Bupati Bungo H Mashuri, dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini kita telah bersama-sama mengikuti prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Datuk Rio, yakni Datuk Rio Limbur Lubuk Mengkuang, Rio Dusun Tuo Lubuk Mengkuang, Rio Dusun Renah sungai Besar, Rio sungai Ipuh, Rio Limbur Baru Lubuk Mengkuang, Rio Dusun Bukit Sari, dan Rio Dusun Aur Gading.

“Datuk Rio baru yang dilantik hari ini merupakan hasil pemilihan serentak untuk masa jabatan 6 tahun kedepan nya,” paparnya.

Dalam suasana wabah virus Covid 19 atau kita lebih kenal dengan Virus Corona namun di satu sisi kita harus melantik para Datuk Rio terpilih.

“Dalam suasana pelantikan yang sederhana ini, para Datuk Rio yang terpilih sebanyak 65 Dusun akan dilantik secara bergilir,” tuturnya.

Didalam pelantikan Rio terpilih ini akan mengundang hanya beberapa orang saja, artinya physical Distancing kita harus di jaga, dan atur kondisi fisik tubuh.

“Untuk pelantikan ketua tim penggerak PKK Dusun akan adakan di Dusun masing-masing dan itu menunggu selesai wabah Covid-19,” tambahnya.

Mashuri juga sangat mengapresiasi untuk TNI dan polri yang sudah ikut membantu suksesnya Pilrio serentak pada tanggal 25 Maret 2019 yang lalu.

“Semoga Datuk Rio terpilih ini bisa menjadi pemangku adat dusun yang tauladan, dan bisa membangun Dusun yang lebih baik lagi. Jangan lupa para Datuk Rio Terpilih harus membantu ibu-ibu Rio dalam program PKK tingkat Dusun,” harapnya.

Pelantikan tersebut digelar di ruang pola kantor Bupati, yang di hadiri oleh wakil Bupati Bungo, Sekda, Kapolres, Anggota DPRD Bungo, Kepala dinas, para Kabag, dan tamu undangan yang lainnya.(Abg)