TMMD 107 Kodim 0416 Bute Merupakan Wujud Bakti TNI Untuk Masyarakat Desa Sungai Binjai

Bungo, Potret.co.id – Salah satu jati diri TNI adalah Tentara Rakyat. Secara sederhana makna Tentara Rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat. Undang-Undang No. 34/2004 tentang TNI menjelaskan bahwa Tentara Rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat bersenjata yang berjuang melawan penjajah untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan pada perang tahun 1945-1949 dengan semboyan “Merdeka atau Mati”.

Melalui proses panjang akhirnya terbentuklah organisasi yang bernama TNI yang para anggotanya juga berasal dari rakyat. Mengingat TNI berasal dari rakyat, maka TNI harus berjuang untuk kepentingan rakyat, dicintai rakyat, dan menjadi milik rakyat.

TNI AD sebagai alat pertahanan negara mempunyai tugas pokok menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, tugas pokok TNI tersebut dilakukan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tugas TNI pada OMSP diantaranya adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dimana salah satunya dilaksanakan dengan pola/cara Operasi Bhakti TNI.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud Operasi Bhakti TNI merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya, dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah. Pembangunan diprioritaskan pada daerah miskin/tertinggal, terisolir/terpencil, daerah perbatasan/pulau-pulau terluar dan daerah-daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Program TMMD di wilayah Kodim 0416 Bute dilaksanakan secara terpadu melalui proses perencanaan secara integral dan komprehensif dengan sistem “Bottom Up Planing“ dan ditindak lanjuti dengan sistem “Top Down,“ kerjasama dan koordinasi dengan Pemda maupun instansi terkait di daerah serta partisipasi aktif masyarakat diharapkan akan mendorong tercapainya tujuan TMMD yang berdaya guna dan berhasil guna.

Perwujudan Bakti TNI melalui TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa, begitu sangat dirasakan manfaatnya oleh rakyat, TMMD yang pada masa silam adalah AMD atau ABRI Masuk Desa adalah sejarah yang terus berlangsung dan terukir hingga saat ini.

Bukti nyata yang tersisa disetiap pelaksanaan TMMD diberbagai pelosok Nusantara, selalu meninggalkan jejak-jejak pengabdian yang terwujud dalam sendi kehidupan masyarakat. Bentuk ketulusan pengabdian TMMD seperti, Bakti Sosial, Karya Bakti, Penyuluhan, Pembangunan Infrastruktur, Sarana dan Prasarana serta berbagai kegiatan sosial lainnya sangat membantu mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat dipelosok Nusantara.

Dari perjalanan detik demi detik waktu yang berputar, betapa sejarah telah membuktikan, bagaimana implementasi praktik dan peran nyata Bakti TNI yang dilakukan oleh Kodim 0416 Bute kepada rakyat hingga sampai saat ini, dapat merebut hati rakyat diseluruh pelosok Negeri Kabupaten Bungo dan Tebo.

Kodim Bute pada Program TMMD ke 107 kali ini melakukan sasaran fisik berupa pembuatan Badan Jalan yang menghubungkan Desa Sungai Binjai dan Desa Air gemuruh, Pengerasan jalan sepanjang,Pembuatan beberapa titik Gorong Gorong, Pembuatan Box culvert, Pembuatan lap Volly ball, Rehab Mushola Khairunisa dan beberapa unit Rumah tidak layak huni di Desa Sungai Binjai.

Sedangkan sasaran non fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, antara lain meliputi penyuluhan kesadaran bela Negara, kesadaran hukum, penyuluhan pertanian, peternakan, kesehatan dan KB, pengobatan gratis, penyuluhan bahaya narkoba, dan berbagai kegiatan non fisik lainnya.

TNI melalui Kodim 0416 Bute selalu menjadi leading sektor dan contoh bagi masyarakat dalam mengentaskan berbagai kesulitan masyarakat di wilayah Kabupaten Bungo dan Tebo, tanpa pamrih, tulus dan ikhlas mengabdi untuk rakyat.

Kalau boleh kita jujur, bahwa disetiap jengkal tanah air ini, boleh ditanya kepada masyarakat bagaimana jejak peninggalan TMMD selalu diingat dalam benak masyarakat dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang semakin membuktikan arti sesungguhnya bagaimana kesejatian TNI dalam pengabdiannya untuk rakyat.

Melalui TMMD Ke-107 tahun 2020 dengan mengambil tema, “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, inilah yang menegaskan bahwa TMMD adalah bagian yang tak terpisahkan dalam pewujudan sejati Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat yang saling harmonis dan terikat erat satu sama lain tanpa batasan apapun dan semakin membuktikan juga bagaimana makna sesungguhnya bahwa Rakyat adalah Ibu Kandung TNI.

Nampak pada gambaran raut-raut wajah masyarakat di Desa Sungai Binjai, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Muaro Bungo yang penuh rasa bahagia dan bangga, atas kepedulian dan pengabdian TNI melalui TMMD Kodim 0416 Bute adalah fakta yang tidak terbantahkan oleh siapapun juga.

Asa yang terajut dari implementasi peran nyata TNI melalui TMMD, selalu membuka peluang penghidupan rakyat untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi di masa depan.

Semangat menyambung hidup yang terbangun dari bekas tumpahan peluh, guratan kisah-kisah heroik dan tutur pinutur rakyat akan peran TNI dalam setiap TMMD selalu tertanam menjadi motivasi rakyat untuk bergerak maju dalam memperoleh penghidupan yang lebih baik lagi untuk menyongong zaman yang terus merangkak maju dan dinamis.

Maka berbagai fakta kenyataan dilapangan inilah yang menjadikan dasar yang kokoh, tentang bagaimana rakyat menempatkan TNI sebagai Institusi yang paling dipercaya hingga saat ini.

TMMD bukanlah hanya menjadi peninggalan sejarah semata namun akan selalu menjadi sejarah bangsa yang berkesinambungan tak lekang oleh waktu, dan merupakan bakti TNI yang berharga dan sangat dinanti-nanti kehadirannya oleh rakyat disetiap jengkal tanah air.

Semoga esok yang akan datang, seiring waktu yang berputar, asa rakyat selalu terajut melalui Bakti TNI dalam setiap TMMD, semoga TMMD akan selalu hadir dan terus terwujud, tak pernah putus sampai kapanpun juga, selalu ada dan tak termakan usang oleh perkembangan zaman.(Red)