Korem 042/Gapu Siaga Sikapi Lenyebaran Virus Corona Dengan Mendirikan Tenda Isolasi

Potret.co.id – Korem 042/Garuda Putih mulai bersiaga menyikapi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang sudah masuk ke Indonesia, dengan cara mendirikan tenda isolasi (Covid 19) yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Bratanata Jambi, Senin (16/03/2020).

Hal tersebut dilakukan atas petunjuk Kepala Staf Angkatan Darat dan diteruskan Kodam II/Sriwijaya.

Tenda tersebut lengkap dengan peralatan tempat tidur serta sarana pendukung lainnya, yang didirikan di halaman Makodim 0415/Batanghari, Kota Jambi.

“Kami dari Korem 042/Gapu mengimbau kepada masyarakat Jambi untuk selalu waspada serta adakan antisipasi, pencegahan sebelum terjadi. Dan jangan panik, segera periksakan ke rumah sakit terdekat bila terjadi gejala yang demikian,” kata Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy

Danrem juga berpesan kepada Masyarakat Jambi untuk tetap menjaga kesehatan serta menghindari sementara tempat keramaian yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Sementara itu, salah satu Dokter Rumah sakit Bratanata Jambi yang siaga di tenda Isolasi Covid 19, Nur Azizah El Aminy mengatakan tenda darurat ini difokuskan untuk pasien-pasien yang suspect Corona.

“Kalau disini kita menyiapkan 10 Bet, didalam juga sudah kita siapkan semuanya peralatannya,” katanya.

Dirinya menjelaskan, apabila ada masyarakat Jambi yang mengalami demam, batuk flu dan sesak nafas serta suhu badannya tinggi, agar segera di bawa ke Rumah Sakit atau ke tenda isolasi tersebut.

“Nanti disini kita amanisis dulu, kalau memang itu dicurigai Suspect Corona baru kita tangani, disini terlebih dahulu kita isolasi, untuk tindakan lanjutnya akan kita kirim yang sudah bekerja sama,” tutupnya.

Dirinya menjelaskan, di tenda Isolasi Virus Corona, ada empat dokter yang stanbay dilokasi, dirinya berharap semoga Virus Corona tidak ada di Kota Jambi.

“Belum ada, mudah-mudahan di Kota Jambi tidak ada,” katanya.

“Untuk tendanya akan didirikan dua minggu kedepan, kan masa ingkubasinya dua minggu, makanya kita dua minggu juga mendirikan tenda Isolasi ini,” tutupnya. (cbf)