Walikota Jambi Canangkan Kampanye Hidup Bersih dan Sehat

Kota Jambi, Potret.co.id – Walikota Jambi H. Syarif Fasha ME, di dampingi oleh Wakil Walikota Jambi Dr. H.Maulana MKM beserta istri dan sejumlah OPD yang berada di lingkup Pemerintah Kota Jambi, Rabu pagi menghadiri “Gerakan Masyarakat hidup sehat dan bersih” yang dilaksanakan di Jambi Kota seberang, rabu (11/03/20).

Fasha mengatakan bahwa gerakan ini di lakukan tiap tahun, dan tahun ini agak istimewa dilaksanakan, juga terkait dengan salah satu ODF.

“Selain itu juga permasalahan dengan virus Corona, kami menyampaikan pesan-pesan dan hal-hal penting, petunjuk-petunjuk ke Masyarakat Kota Jambi untuk tidak panik terhadap berita tentang kasus virus Corona ini. Berkaitan dengan ODF yang kita sebut dengan buang air besar sembarangan yang memang di Kota Jambi boleh di katakan sudah tidak ada lagi, tetapi satu dua masih ada, baik itu diatas Danau sipin maupun di sungai batanghari ini,” ucap Fasha.

Fasha sudah tugaskan seluruh Lurah dan Camat serta Puskesmas terdekat untuk melakukan pembinaan sosialisasi untuk tidak melakukan buang air besar sembarangan di atas sungai maupun di atas Danau.

Selain itu juga lanjut Fasha mengintruksikan pada Lurah, Camat, RT, Puskesmas untuk tidak memperbolehkan lagi Masya rakat membuang sampah di dalam aliran sungai ataupun ataupun di dalam saluran-saluran air Drainase.

“Bagi masyarakat yang tidak memiliki toilet permanen, supaya melaporkan kepada Lurah maupun Rt, maka kami akan buatkan toilet pipa komunal kepada Masyarakat-Masyarakat yang belum memiliki WC permanen dan itu menjadi program kami kedepannya nantinya,” beber Fasha.

Fasha berharap dengan pencanangan kampanye gerakan hidup sehat ini, di Kota Jambi tidak di dapati lagi ODF buang air besar sembarangan lagi dan Masyarakatnya melakukan hidup sehat dan bersih.

“Mudah-mudahan segala penyakit baik yang menular dan tidak menular bisa di tekan di Kota Jambi. dan saat ini Kota Jambi tidak ada lagi Nol Stunting dan hendaknya ini terus di jaga bagaimana yaitu menjaga kondisi ibu-ibu hamil untuk di berikan pola asupan yang bergizi dan sehat,” harapnya.

Di masa usia emas si bayi tadi untuk di berikan misalnya asupan gizi yang cukup seperti Asi ekslusif dan di jaga tumbuh kembangnya juga, “dan mudah -mudahan juga Kota Jambi akan bisa pertahankan predikat sebagai Kota sehat dan juga predikat Nol Stunting di Kota Jambi ini,” ucap Fasha.

Fasha mengharapkan bantuan dari elemen Masyarakat,karena tugas ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi tugas kita bersama.(Ri)