Gubernur Fachrori Terima Kunker Anggota Komisi IX DPR RI

Potret.co.id – Gubernur Jambi, Fachrori Umar menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Saniatul Lativa SE MM, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Kunker tersebut dalam rangka Silaturahmi dan Menyerap Aspirasi Pemerintah Provinsi Jambi Terkait Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Fachrori menyampaikan, beberapa capaian kesehatan di Provinsi Jambi di antaranya Umur Harapan Hidup (UHH) Provinsi Jambi tahun 2019 mencapai 71,06 persen meningkat dari tahun 2018 sebesar 70,89 persen.

“Dari sisi kepesertaan JKN KIS, Provinsi Jambi per 31 Januari 2020 sekitar 73,54 persen. Isu kesehatan lainnya yaitu masih tingginya angka prevalensi stunting, pada tahun 2018 berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan, masih ada 30,1 persen balita stunting di Provinsi Jambi,” kata Fachrori dalam sambutanya.

Selanjutnya, pada bidang ketenagakerjaan Provinsi Jambi dihadapkan dengan masalah peningkatan persentase Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,19 persen pada tahun 2019. Dimana pada tahun 2018 lalu sudah mencapai 3,86 persen dari sisi cakupan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan capaian Provinsi Jambi sebesar 27,62 persen dari 1.692.193 angkatan kerja.

“Untuk menjawab beberapa hal tersebut, dapat kami sampaikan bahwa saat ini Provinsi Jambi sudah menyiapkan berbagai program kegiatan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan perluasan lapangan kerja serta peningkatan produktivitas tenaga kerja salah satunya dengan akan membentuk Skill Development Center (SDC),” lanjutnya.

Dirinya mengatakan sangat membutuhkan dukungan Anggota komisi IX DPR RI untuk bekerjasama terutama dukungan anggaran dari pemerintah pusat.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota komisi IX DPR RI atas dukungan positif dan langsung serta perhatian yang diberikan selama ini dalam memajukan pembangunan di Provinsi Jambi, dan dengan Kunker ini diharapkan dapat memberikan arti tersendiri bagi percepatan pembangunan di Provinsi Jambi kedepan,” ucapnya. (cbf)