Jusriwan Calon Rio Dusun Empelu, Penuh Rasa Percaya Diri Melalui Visi & Misinya

Bungo, Potret.co.id – Jusriwan, salah seorang calon Datuk Rio Dusun Empelu Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo, Berjanji untuk memajukan dusunnya.

Hal tersebut dikatakan olehnya saat menjawab, pertanyaan dari beberapa masyarakat di dusun yang ingin ia pimpin.

Jusriwan lahir pada 15 Juli 1974, putra daerah asli kelahiran dusun Empelu ini, akan ikut meramaikan dalam berkompetisi Pilrio di Kabupaten Bungo.

Berbekal kepercayaan dan dukungan dari keluarga dan masyarakat dusun Empelu yang cukup tinggi, Jusriwan memaparkan tentang visi misinya.

Terwujudnya Dusun Empelu Yang Sehat, Cerdas, Aman, Berdaya Saing, dan Berbudaya Berakhlaq Mulia.

Jusriwan akan menuntaskan program yang belum terselesaikan, dirinya ingin mempunyai misi yang benar-benar berpihak pada masyarakat Dusun Empelu, diantaranya :

1. Meningkatkan kesehatan, kebersihan dusun, serta mengusahakan jaminan kesehatan masyarakat desa melalui program pemerintah, dan menjaga keamanan, ketertiban dilingkungan masyarakat Dusun Empelu.

2. Mewujudkan pemerataan pembangunan di masing masing kampung, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Dusun Empelu 24 jam, meneruskan tata kelola pemerintahan dusun yang baik, meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa, meningkatkan, kesejahteraan masyarakat dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat Dusun Empelu.

3. Meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga dan kebudayaan.

4. Meningkatkan kehidupan yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan beragama, mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat Dusun Empelu.

“Untuk menjawab keluhan para remaja dan pemuda serta pemudi yang hobi berolaharga, ia akan mengadakan sarana dan prasarana, seperti:
Pembangunan/Renovasi Sarana Olahraga, antara lain lapangan sepak bola, lapangan volly, dan sarana olahraga lainnya yang dibutuhkan.

Sebagian besar penduduk Dusun Empelu adalah hidup dari pertanian. Untuk itu wajar apabila pertanian mendapat perhatian yang sangat serius.

Jusriwan juga mengatakan, bahwa yang akan menjadi program prioritas, ia akan membangun serta membuka jalan menuju perkebunan, sehingga masyarakat bisa lancar dalam meningkatkan perekonomian.

Selain pertanian, Dusun Empelu berpotensi dibidang peternakan yang perlu ditingkatkan pada bidang ini, antara lain:

– Memberi penyuluhan kepada para petani atau peternak
– Membentuk/mengoftimalkan kelompok Tani.
– Melakukan pembinaan generasi muda.

“Karena generasi muda adalah pemilik negara dimasa yang akan datang. Oleh karena itu yang sangat penting menbina akhlak generasi muda melalui pengajian-pengajian, ceramah agama, diskusi keagamaan melalui wadah Remaja Mesjid, Karang Taruna dan yang sejenisnya.

Selain akhlak generasi muda harus kuat fisiknya yaitu melalui pembinaan olah raga, melalui wadah Karang Taruna, Club-club olah raga, yang semuanya untuk mendukung dan berperan dalam memajukan Dusun Empelu,” papar Jusriwan.

Penulis: Andry