Fachrori Launcing Mobil Pelayanan Keliling Adminduk Provinsi Jambi

Potret.co.id – Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengahadiri sekaligus membuka Rapat koordinasi kependudukan dan pencatatan sipil provinsi Jambi, Bertempat di RCC Jambi, Selasa (25/02/2020).

Fachrori mengatakan, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) serta pelayanan rekam KTP-el dan mencetak KTP diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat kabupaten kota seluruh provinsi Jambi, serta launching mobil pelayanan keliling.

Fachrori menyatakan, saat ini penduduk di Jambi pada posisi semester 2 tahun 2019 sebanyak 3 juta jiwa yang tersebar di 11 kabupaten kota dengan jumlah wajib KTP 2 juta jiwa di mana hasil perekaman sampai bulan Januari 2020 adalah 2 juta jiwa sedangkan untuk jumlah anak usia 0 sampai 18 tahun yaitu 1 juta jiwa dengan cakupan kepemilikan akta lahir anak usia 0 sampai 18 tahun di provinsi Jambi sudah mencapai 1 juta jiwa dan yang belum memiliki akte kelahiran sebanyak 80 ribu jiwa.

“Untuk itu pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Dinas Sosial kependudukan dan pencatatan sipil Provinsi Jambi telah bekerjasama dengan direktorat jenderal kependudukan dan pencatatan sipil, Kementerian Dalam negeri RI serta dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten kota dalam meningkatkan kepemilikan KTP elektronik yaitu dengan melaksanakan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik bagi penduduk melalui GISA serta mobil pelayanan administrasi kependudukan dan pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor,” kata Fachrori.

Selain itu, semua perlu sadari juga bahwa jumlah penduduk dengan komposisi kelompok usia produktif yang relatif besar akan berimplikasi pada ketersediaan lapangan kerja fasilitas pendidikan, kesehatan pangan dan energi yang memadai serta berpotensi terjadinya degradasi lingkunga, serta pertambahan penduduk yang tidak terkendali juga akan berdampak negatif pada penurunan kualitas SDM.

Untuk itu, dirinya sangat menyambut baik dilaksanakannya rapat koordinasi ini diharapkan menjadi wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama terkait penyelesaian masalah pencatatan sipil di kabupaten kota sehingga diperoleh nya program kegiatan kedepan menjadi solusi bagi kendala atau hambatan dalam mencapai sasaran kegiatan program administrasi kependudukan di Provinsi Jambi. (cbf)