Fachrori Hadiri Sertijab Kepala BPK Provinsi Jambi

Potret.co.id – Gubernur Jambi, H Fachrori Umar menghadiri serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi mengakui telah berusaha meningkatkan kualitas seluruh aspek tata kelola keuangan pemerintah mulai dari aspek transparansi, partisipasi, akuntabilitas maupun aspek koordinasi sebagai upaya untuk mendorong terwujudnya pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel yang tidak dapat dilaksanakan secara parsial melainkan diperlukan sinergi dari berbagai pemangku kepentingan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Koordinasi yang kuat dari kedua komponen ini menjadi ujung tombak untuk mewujudkan semua yang kita inginkan dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” harap Gubernur Jambi.

Peningkatan tata kelola pemerintahan diketahui bersama bahwa hal tersebut merupakan wujud keinginan pemerintah Provinsi Jambi dan tercantum dalam Misi Pertama RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021.

“Terdapat simpul penting dan strategis mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel dari BPK RI dan Pemerintah Daerah,” tegas Gubernur Jambi.

Kepala BPK sebelumnya Hery Ridwan yang menjabat sejak 2019 digantikan oleh Yuan Candra Djaisin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPK Perwakilan provinsi DKI Jakarta.

Prosesi serah terima jabatan dilakukan antara kepala perwakilan yang lama Heri Ridwan dengan kepala perwakilan yang baru Yuan Chandra Djasin selain penandatanganan berita acara, serah terima jabatan kepala perwakilan juga dilakukan penyerahan memori akhir masa jabatan dari kepala perwakilan yang lama kepada kepala perwakilan yang baru yaitu Yuan Chandra Djasin.

Dalam sambutan Anggota V BPK RI yang dibacakan oleh Tortama KN VII BPK RI menyampaikan bahwa sebagai organisasi dinamis BPK secara terstruktur dan sistematis melakukan promosi rotasi dan mutasi bagi para pejabat dan pegawai.

Kegiatan tersebut merupakan upaya yang harus selalu dilakukan dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar independensi integritas dan profesionalisme.

Dalam akhir sambutannya beliau juga berharap bahwa laporan yang telah dibuat oleh BPK RI dapat menjadi bahan acuan. Saat ini BPK saat ini sedang melaksanakan pemeriksaan keunagan pada Kabupaten dan Kota untuk tahun anggaran 2019.

“Kami berharap Bapak ibu dapat mendukung proses pemeriksaan yang di maksud. Dengan memberikan informasi dan data kepada pemerintah secara akurat,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh PJ Sekda Provinsi Jambi, Walikota dan Bupati di wilayah provinsi Jambi, Ketua DPRD provinsi Jambi,Kepala OPD, Forkompinda, Kepala Instansi Vertikal dan Inspektur Daerah di wilayah Provinsi Jambi. (cbf)