Irjen Pol Firman Shantyabudi Resmi Jabat Jadi Kapolda Jamb

Jambi, Potret.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Jambi Dari IRJEN  POL Drs.Muchlis AS,M.H. Kepada IRJEN POL Drs. Firman Shantyabudi,M.Si. Selasa (11/02/2020).

Upacara sertijab tersebut digelar tertutup di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Polisi Dedi Prasetyo mengatakan dalam upacara sertijab Kapolda Jambi itu turut hadir pula Wakapolri Komjen Polisi

“Tadi inspektur upacaranya Kapolri. Seluruh pejabat utama polri hadir, Wakapolri dan Irwasum. Dilaksanakan serah terima jabatan Kapolda Jambi, perputaran jabatan Kapolda merupakan hal yang biasa untuk reorganisasi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri.

Untuk diketahui, Irjen Pol Muchlis AS dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi yang ditinggalkan Muchlis akan ditempati oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi yang sebelumnya Pati SSDM Polri (penugasan pada PPATK).

Selain Kapolda jambi ada tujuh kapolda lainya yang turut dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, diantaranya.

Kapolda Kalimantan Barat yang saat ini dijabat Irjen Remigius sigit Tri Hardjanto. Kapolda Sulut yang saat ini dijabat oleh Irjen Royke Lumowo.

Kemudian Kapolda Maluku akan dipimpin oleh Brigjen Baharudin Djafar. Sedangkan Kapolda Sulbar akan dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno.

Kapolda Aceh akan dijabat Brigjen Wahyu Widada menggantikan Irjen Rio Septianda Djambak yang dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri. Sedangkan Kapolda Maluku akan diisi Brigjen Baharudin Djafar yang kini menjabat Kapolda Sulbar.

Artinya Brigjen Baharudin Djafar bakal promosi mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang dua. Sedangkan Kapolda Sulbar akan dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno.

Kapolda Aceh akan dijabat Brigjen Wahyu Widada menggantikan Irjen Rio Septianda Djambak yang dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri.

Lalu Kapolda Gorontalo akan dijabat Brigjen Adnas menggantikan Brigen Wahyu Widada yang dipromosikan menjadi Kapolda Aceh.

Wakapolda Kalteng Brigjen Rikwanto akan menjabat Kapolda Maluku Utara.

Mutasi jabatan perwira tinggi Polri ini tertuang dalam keluarnya Surat Telegram Kapolri Nomor ST / 385 / KEP / 2020 tertanggal 3 Februari 2020. Surat tersebut di tandatangi AS SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri S. (cbf)