Fasha Sambut Menteri Senior Pertahanan Urusan Luar Negeri Singapura

Potret.co.id – Setelah kunjungan terakhir tahun 2017, Menteri Senior Pertahanan Urusan Luar Negeri Singapura, Dr Muhammad Maliki Oesman kembali menginjakkan kakinya ke Kota Jambi.

Hal ini menjadi alasan Wali Kota Jambi Sy Fasha menyambut antusias dengan menjamu makan malam di Aula Griya Mayang, rumah dinas Wali Kota Jambi, Senin (10/2/2020) malam.

Dr Muhammad Maliki Oesman pun mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Wali Kota dan jajaran pemerintah kota Jambi, seperti Sekda Budidaya.

Turut hadir 190 ASN pemkot Jambi sebagai alumni Singapore Coorporate Program (SCP) Singapura-Indonesia. Indonesia khususnya kota Jambi, tambah Maliki Oesman, memandang penting dalam menjalin kerjasama.

Ini dibuktikan, kata Maliki Oesman, dengan ditandatanganinya perjanjian antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Singapura beberapa hari lalu.

Dirinya pun tak sungkan memuji keseriusan pemkot Jambi dalam mengikuti SCP. Baginya, ini menunjukkan tekad kuat Wali Kota Jambi dalam memajukan kinerja ASN.

Hal itu juga yang menjadi alasan pihaknya akan meneruskan program dengan pemkot Jambi.

“Pemerintah kota Jambi merupakan yang paling aktif mengikuti SCP yang Kami canangkan, dengan jumlah 190 orang,” ujarnya kepada wartawan.

Hal senada disampaikan Fasha dalam sambutannya.. Menurutnya, banyak sekali manfaat yang didapat pemkot Jambi, khususnya peningkatan kinerja ASN.

“Jika biasanya satu pekerjaan dilakukan lima orang ASN, sekarang berubah yakni lima pekerjaan bisa dilakukan hanya satu orang (ASN) saja,” ujar Fasha yang telah bersahabat lama dengan Maliki Oesman.

Ucapan terima kasih disampaikan Fasha, atas kesempatan kepada ASN dan pejabat-pejabat pemerintah kota Jambi untuk mengikuti program pendidikan, layanan publik, pendidikan dan lainnya.

Pemkot Jambi, kata Fasha, telah mengkuti SCP sampai angkatan keenam. Dan di tahun 2020 ini, pemkot Jambi akan belajar ke Singapura bagaimana mengelola manajemen air minum yang baik.

“Setelah itu kami memiliki tenaga water managemen, untuk bagaimana water management kita ini paling tidak bisa mengikuti yang dilakukan pemerintah Singapura,” jelas Fasha.

“Tahun (2020) ini angkatan ke-7 dan ke-8. Ada 190 pejabat-pejabat pemerintah kota Jambi yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan di negeri Singapura.”

“Dan ini sangat berubah maind set pegawai kami untuk lebih baik lagi. Sehingga mereka yang tadinya satu pekerjaan dilakukan oleh 5 orang, saat ini 5 pekerjaan dilakukan oleh satu orang.”

“Itu adalah manfaat daripada mengikuti pendidikan dan pelatihan program program yang sudah berlangsung selama ini,” ujar Fasha bangga.

“Harapan kami bahwa hubungan ini tetap berlanjut. Dan kami juga masih diberikan kesempatan untuk meningkatkan sumber daya manusia aparatur sipil negara pemerintah kota Jambi.”

“Kepada sahabat kami pak Maliki, Kami ucapkan terima kasih. Dan kami juga dengan segala hormat juga mengharapkan nanti pak Maliki, terus menjalin hubungan dengan kami,” pungkas Fasha sambil tersenyum dan merangkul sang Menteri.

Turut mendampingi Maliki Oesman yakni pejabat negara Singapura Direktorat Asia Tenggara 1 Mr Wei Zhe Pitt dan wakil direktur Direktorat Asia Tenggara 1 Mr Jeremi Sor dan konsulat jenderal Singapura untuk Indonesia, Mr Richard Grosse.(Ri)