2 Tahun Menjabat Sebagai Kapolda, Irjen Pol Muchlis Siap Tinggalkan Jambi

Jambi, Potret.co.id – Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS siap meninggalkan Jambi. Jenderal asal Desa Terusan, Batanghari ini pun melakukan perpisahan dengan beberapa komunitas.

Salah satunya komunitas sepeda Korem 042/Gapu, BNNP dan rekan media unit Polda Jambi, Jum’at (07/02/2020).

Seperti diketahui, Muchlis segera meninggalkan jabatannya sebagai orang nomor satu di wilayah hukum Polda Jambi. Dia akan menempati posisi baru  sebagai Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya diganti oleh Perwira Tinggi Pati SSDM Polri, Irjen Pol Firman Shanyabudi.

Selama kurang lebih 2 tahun 1 bulan menjabat sebagai Kapolda dinkampung sendiri,  Muchlis mengaku banyak merasakan suka dukanya. Bisa bertemu   banyak teman sekolah, teman kuliah, saudara dan keluarga.

“Di satu sisi kita sebagai penegak hukum harus kerja profesional,” katanya kepada awak media setelah selesai berbaur bersama dalam agenda perpisahan.

Disisi lain, lanjut Muchlis,  dirinya harus bisa menjaga hubungan silaturahim. Ini kadang-kadang di era kekinian perlu dijelaskan kepada masyarakat termasuk dalam penerimaan anggota Polri yang sudah transparan.

“Tapi pelan-pelan Alhamdulillah saya berikan pengertian kepada masyarakat semuanya bisa menerima,” tuturnya.

Artinya selama ini yang ditakutkan susahnya menjadi putra daerah dan menjadi seorang Kapolda di daerah sendiri tidak terjadi.  Dengan pengertian-pengertian yang diberikan, masyarakat bisa menerima.

“Apa lagi kemarin kita Polda Jambi kan mendapat pendidikan penerimaan Akpol terbaik di Indonesia. Jadi tidak ada alasan lagi, saya sudah komitmen, kalaupun anak  kandung saya ikut, sama perlakuannya seperti masyarakat lainnya,” katanya.

Muchlis berpesan dan meminta kepada masyarakat Jambi, dalam menghadapi Pilkada tetap menjaga tali persaudaraan. Karena perbedaan pilihan politik itu adalah suatu keniscayaan.

“Tapi bagaimanapun juga kita harus membangun Jambi lebih beradap Pemilu Aman dan Damai,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kepada Kapolda Jambi baru, Irjen Pol Firman Shanyabudi, Muchlis berharap tetaplah seperti apa yang diharapkan Kapolri melanjutkan program promoter.”Niscaya mudah-mudahan Polda Jambi terus berkembang dengan baik,” pungkasnya. (cbf)