Wabup Apri Resmi Buka Sosialisasi Perbup Nomor 35 Tahun 2019

Bungo, Potret.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun (PMD) menggelar Sosialisasi Perbup nomor 35 tahun 2019 yang bertempt di ruang pola Kantor Bupati Bungo, Kamis (06/02/2020).

Diketahui, ada sebanyak 69 Dusun se-Kabupaten Bungo yang akan melaksanakan PilRio serentak pada tanggal 25 Maret 2020 mendatang.

Saat sambutan, Kepala Dinas PMD, Taufik Hidayat mengatakan, adapun dasar-dasar hukum penyelenggaraan PilRio serentak berdasarkan, dasar hukum penyelenggaraan PP nomor 64 dan 47 tentang perubahan atas PP 43 tentang pelaksanaan HAM, peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 tahun 2004 tentang pemilihan kepala desa, Permendagri tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, Permendagri Nomor 66 tahun 2017, dan Perbup tahun 2016 nomor 10, peraturan Bupati Nomor 12 tahun 2018 tentang pemilihan dan pengangkatan serta pengertian peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan Perda nomor 12 dan terakhir Nomor 7 Tahun 2020 tentang perubahan atas UU Nomor 35.

Adapun maksud dan tujuannya adalah dalam rangka menambah dan meningkatkan pemahaman kepada pihak-pihak yang terlibat terkait, khususnya di dalam Pilrio serentak nantinya.

“Kami sampaikan kepada Bapak Wakil Bupati Safrudin Dwi Apriyanto, ada lebih lebih kurang 203 orang yang hadir saat ini, yang terdiri dari 16 orang camat, 69 ketua BPD, 69 orang Rio, dan ketua panitia pilrio sebanyak 69 orang,” ujar Taufik Hidayat.

“Kalau pembiayaan kegiatan ini melalui anggaran DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tahun 2020,” tambahnya.

Lanjut Taufik, bahwa rencana pelaksanaan Pilrio serentak akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2020 mendatang.

“Saya minta kepada Bapak Wakil Bupati untuk berkenan membuka acara Sosialisasi Perbup Bungo Nomor 35 Tahun 2019 ini, kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa mematuhi dan memahaminya,” jelas Taufik Hidayat.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo, Safrudin Dwi Apriyanto mengatakan, tahun 2020 merupakan pesta demokrasi untuk tingkat lokal, yaitu pemilihan Gubernur, pemilihan lima Bupati/wali kota dalam Provinsi Jambi, termasuk juga pemilihan Rio serentak di Kabupaten Bungo.

“Ada 69 Dusun dalam Kabupaten Bungo yang mengikuti pesta demokrasi Pilrio serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2020 mendatang,” ujar Wabup Apri.

“Mudah-mudahan Pilrio nanti bisa berlangsung dengan aman, nyaman, lancar dalam situasi yang kondusif. Kemudian, mudah-mudahan Pilrio nanti merupakan cerminan dari demokrasi di tingkat Dusun, filosofinya adalah pesta harus menciptakan suasana yang membahagiakan dan menyenangkan hati masyarakat,” tambah Wabup.

Ini semua menjadi tanggung jawab bersama, termasuk dari pihak TNI dan Polri-pun secara langsung terlibat dalam pengamanan kegiatan di Pilrio nantinya.

“Semoga kita bisa mendapatkan pemimpin yang amanah di tingkat dusun, dan sesuai dengan pilihan masyarakat. Karena masyarakat kita akan memilih pemimpin dan juga sebagai pemangku adat di tempatnya masing-masing,” pungkas Wabup Apri.

Tampak hadir, Sekda Bungo H. Mursidi, kepala OPD, para Kabag, para Camat, Datuk Rio, Ketua BPD, serta para tamu undangan lainnya.(Rik)