Fachrori: Mari Kita Dorong Terciptanya SDM Berkualitas dan Berakhlak Mulia Lulusan Ponpes

Tebo, Potret.co.id – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya membantu pembangunan pondok pesantren yang ada di Provinsi Jambi guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia. Hal tersebut disampaikan Fachrori saat Mengunjungi Pondok Pesantren Baabussalam Desa Mengupeh Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Rabu (29/01).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi kepada Pondok Pesantren Baabussalam berupa uang tunai sebesar Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan 50 buah kitab suci Al Qur’an.

Fachrori mengataakaan, pesantren merupakan salah satu potensi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia bagi negeri ini, khususnya Provinsi Jambi. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya membantu pembangunan pesantren yang ada di Provinsi Jambi guna menunjang dalam melahirkan sumber daya manusia berkualitas dan berakhlak mulia

“Kita juga terus berupaya memberikan perhatian penuh kepada seluruh pondok pesantren yang ada di Provinsi Jambi, namun karena anggarannya terbatas maka perhatian dan bantuan kepada seluruh pondok pesantren akan kita berikan secara bertahap. Kita melihat dari prioritas pembangunan yang dibutuhkan oleh pondok pesantren tersebut,” tambah Fachrori.

Fachrori menuturkan, perkembangan pesantren saat ini sangat pesat, terlebih lagi dalam peningkatan program pendidikan yang ada di pesantren. Dan, pesantren dinilai dapat mempertahankan nilai salafiyah dan pengkajian kitab kuning, serta saat ini semakin banyak pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal.

“Kita tentu sangat senang sekali melihat perkembangan pesantren dewasa ini yang semakin banyak menyelenggarakan pendidikan formal. Kita berharap pesantren lebih banyak lagi melahirkan generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia,” tutur Fachrori.

Wakil Bupati Tebo, Syahlan,SH mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah menyempatkan waktunya ditengah kesibukan untuk mengunjungi pondok pesantren Baabussalam yang ada di Kabupaten Tebo.

Syahlan mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Tebo juga turut mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi untuk membantu pelaksanaan pembangunan pondok pesantren, karena seperti yang dikatakangubernur, pesantren adalah salah satu tempat untuk melahirkan generasi muda berkualitas dan berakhlak mulia ditengah perkembangan zaman saat ini.

Syahlan melaporkan, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tebo juga telah menganggarkan pembangunan Islamic Center di Kecamatan Tengah Ilir sebesar tiga miliar rupiah. “Hal ini kita lakukan untuk mendukung program pesantren dan mengharapkan para santri pondok pesantren, khususnya pondok pesantren Baabussalam untuk meramaikan Islamic Center tersebut,” pungkas Syahlan.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Baabussalam, KH.Komaruddin,S.Pd.I mengungkapkan, kedatangan Gubernur Jambi memberikan berkah tersendiri bagi Pondok Pesantren Baabussalam, yang merupakan kunjungan yang keempat kalinya sejak pesantren ini didirikan, dan bentuk perhatian yang nyata terhadap pondok pesantren, khususnya pondok pesantren Baabussalam.

“Semoga kehadiran Bapak Gubernur Jambi menjadi berkah bagi kami, khususnya untuk lebih memotivasi kami dalam membangun pondok pesantren ini, guna menghasilkan generasi penerus bangsa yang memiliki kualitas dan memiliki akhlak yang mulia,” ungkap Komaruddin. (Red)