Dua Kali Kabur dari Lapas, Johan Hutasoit di Hadiah Empat Timah Panas

Jambi, Potret.co.id – Berakhir sudah pelarian Terpidana mati yang kabur dari Lapas Sumbar dan Lapas Klas IIA Jambi yakni Johan Hutasoit (40) warga Serunai Malam 1 kelurahan Suka Karya Kecamatan Kota Baru Kota Jambi.

Ia berhasil di amankan Tim gabungan Reskrim Polsek Kota Baru dan Resmob Polda Jambi, Kamis (23/01/2020).

Kapolsek Kota Baru AKP Afrito Marbaro saat di konfirmasi mengatakan bahwa penangkapan terhadap Terpidana mati tersebut dilakukan pihaknya pada hari Selasa (21/01/2020) kemarin di depan salah satu Alfamart yang berada di kawasan Simpang Kawat.

“Penangkapan kita lakukan pada hari Selasa kemarin sekitar pukul 01.00 wib, pelaku ini merupakan Terpidana mati yang kabur dari Lapas Sumbar dan Lapas Klas IIA Jambi yang sudah lama melarikan diri,” Ujar AKP Afrito Marbaro.

AKP Afrito menjelaskan bahwa pelaku merupakan Terpidana mati yang melarikan diri dari Lapas Sumbar dengan tujuan ke Jambi.

“Pelaku ini terpidan mati di lapas Sumbar dengan kasus perampokan yang menewaskan korbannya satu keluarga 3 orang, pelaku baru 6 tahun menjalankan hukuman di lapas Sumbar dan melarikan diri ke Jambi,” Ucapnya.

Setelah berhasil melarikan diri ke Jambi pelaku melakukan aksi curanmor di wilayah Kota Jambi pelaku tertangkap dan di tahan di lapas Klas IIA Jambi, namun pelaku juga melarikan diri dari dalam Lapas Jambi.

“Ya di lapas Klas IIA Jambi pelaku juga melarikan diri saat terjadi kericuhan di dalam lapas beberapa tahun yang lalu,”Tambahnya.

Dan setelah berhasil kabur dari dalam Lapas Klas IIA Jambi pelaku tersebut ternyata kembali lagi melakukan aksi curanmor di sejumlah wilayah Kota Jambi.

“Pelaku kabur dari Lapas Jambi dan kembali melakukan curanmor, TKP nya sudah ada 5,” Ucapnya.

Ternyata setelah di lakukan penyelidikan pelaku tersebut tidak hanya melakukan aksi curanmor di wilayah Kota Jambi namun pelaku tersebut juga melakukan aksi curanmor di wilayah Kabupaten Kerinci dengan sejumlah rekannya.

“Pelaku beraksi komplotan dengan tugas yang berbeda, TKP di Kota Jambi ada 6 dan TKP di Kerinci ada 2 rekan pelaku berjumlah 3 orang juga sudah di amankan di Polres Kerinci,” Ucapnya.

Dari tangan pelaku petugas mengamankan Barang bukti yakni 1 unit mobil APV warna silver, 1 unit motor Mio warna merah, 2 HP Oppo, Sarung tangan dan 2 Obeng.

“Untuk Barang bukti yang diamankan di Kerinci ada tiga yaitu 2 sepeda motor dan 1 mobil di Polres Kerinci semuanya ditangani di Polres Kerinci karena tempat kejadiannya di sana,” Jelasnya.

Saat dilakukan penangkapan pelaku tersebut berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan terhadap petugas sehingga pelaku di lumpuhkan dengan 4 lobang timah panas di bagian kedua kakinya.

Pelaku tersebut dikenal pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. “Sementara ini pelaku kita kenakan Pasal 363, nanti kita juga akan melakukan kordinasi dengan pihak Polda dan Lapas Sumbar,” Tutupnya. (cbf)