Percepat Inovasi Layanan Perpustakaan, Komisi I Studi Banding ke Jawa Timur

Jambi, Potret.co.id – Komisi I DPRD Provinsi Jambi studi banding ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Rabu (22/1). Kunjungan itu mencari informasi tentang penyelenggaraan peraturan daerah inovasi pelayanan publik.

Pertemuan dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara dan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi Hapis Hasbiallah serta seluruh anggota Komisi I. Hadir juga Kepala DPAD Provinsi Jambi, Syamsurizal.

Rombongan Komisi I diterima Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, Hasto Hendarto dan Pustakawan Ahli Utama, Sujono.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara, mengatakan bahwa kehadiran Komisi I ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur adalah untuk bersilaturahmi sekaligus memperoleh informasi, referensi dan best practices pelaksanaan Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan di Provinsi Jawa Timur, yang mana pada tahun ini DPRD Provinsi sedang menyusun peraturan daerah yang sama.

Ketua Komisi I Hapis Hasbillah dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa kondisi komparatif dilihat dari inovasi, kondisi demografi maupun ketersediaan anggaran, maka Provinsi Jawa Timur adalah rujukan yang tepat bagi Provinsi Jambi untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh tentang arah pengaturan, ruang lingkup dan mekanisme penyelenggaraan perpustakaan khususnya untuk mempercepat inovasi pelayanan perpustakaan di Provinsi Jambi.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyampaikan apresiasi dan penghargaan bagi DPRD Provinsi Jambi yang telah berkunjung ke Jawa Timur.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan bahwa Perda Perpustakaan yang ada di Jawa Timur juga merupakan inisiatif DPRD dan Perda ini menjadi saluran untuk membuka inovasi bagi penyelenggaraan perpustakaan, salah satunya adalah program Dongeng Keliling yang mendapat respon yang baik oleh masyarakat dan pada tahun 2020 akan dilaunching drive thru untuk peminjaman buku yang memudahkan bagi masyarakat untuk dapat mengakses koleksi perpustakaan.

Pada kesempatan itu, rombongan Komisi I juga berkesempatan mengunjungi perpustakaan komunitas dan kelurahan yang ada di Kota Surabaya, yang merupakan binaan DPAD Jawa Timur, dengan memberdayakan masyarakat dan warga untuk menjadi sukarelawan perpustakaan untuk mengajak khususnya anak-anak untuk dapat hadir ke perpustakaan dengan konsep yang menarik dan ramah anak.(ri)