Kenakan Baju Adat Jambi, Fachrori Pimpin Upacara Hut ke 63 Provinsi Jambi

Jambi, Potret.co.id – Memperingati Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Jambi yang ke – 63 tahun, Pemprov Jambi Gelar Upacara bersama Ribuan peserta, dalam upacara ini seluruh peserta mengenakan baju adat jambi yakni, Teluk Belango (Pria) dan Tengkuluk (Wanita).

Kegjatan upacara digelar di lapangan Kantor Gubernur Jambi. Senin (06/01/2020)

Gubernur Jambi fachrori Umar langsung bertindak sebagai inspektur upacara.

Sementara itu naskah keputusan kongres dewan rakyat Provinsi Jambi dibacakan oleh wakil ketua DPRD Provinsi Jambi yaitu Rocky Candra.

Dalam amanatnya, Gubernur Jambi fachrori Umar menyampaikan di usia ke 63 tahun ini, Provinsi Jambi telah mengalami kemajuan di berbagai bidang

“Berdasarkan perhitungan dari kantor perwakilan Bank Indonesia Jambi pertumbuhan ekonomi triwulan IV – 2019 diperkirakan pada kisaran 4,70% hingga 5,10%. kenaikan tersebut didorong oleh perbaikan kinerja komoditi kepala sawit dan pertambangan permintaan minyak mentah dan batubara menguat seiring masuknya musim dingin di negara-negara barat,” ucap Fachrori

“Permintaan terhadap komoditi kepala sawit juga meningkat akibatnya ada kebijakan biodiesel di dalam negeri serta di Malaysia sehingga secara keseluruhan pada tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi diperkirakan berada pada kisaran 4,43% hingga 4,83% angka tersebut sedikit meningkat dari pertumbuhan ekonomi tahun 2018 yang tercatat 4,71%,” tambahnya.

Sementara itu laju inflasi di provinsi Jambi tahun 2019 diperkirakan berada di Kisaran 1,81% hingga 2,21% menurutnya tekanan inflasi tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya pasokan komoditi hortikultura.

presentasi penduduk miskin Mengalami penurunan dari 7,92% pada tahun 2018 menjadi 7,60% pada tahun 2019 walaupun tingkat pengangguran terbuka Provinsi Jambi sedikit meningkat Dari 3,68% pada tahun 2018 menjadi 4,9% pada tahun 2019.

“Penataan integritas birokrasi di provinsi Jambi terus mengalami perbaikan hal tersebut ditunjukkan dari tingkat akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang dapat dilihat dari opini badan pemeriksaan keuangan atas laporan keuangan pemerintah Provinsi Jambi yang pada tahun 2019 untuk ke-7 kalinya diberikan predikat opini wajar tanpa pengecualian atau WTP,” tutupnya. (cbf)