Muchlis Buka Rakernis Reserse Kriminal Jajaran Polda Jambi

Jambi,  Potret.co.id – Kapolda Jambi, Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H.  secara langsung membuka acara Reserse Kriminal Jajaran Polda Jambi, Kamis (28/11/2019).

Rakernis mengangkat tema “Memecahkan Masalah, Mencari Solusi” ini, dihadiri Wakapolda Jambi Brigjen Pol CBS Nasution, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kombes Pol Edi Faryadi, Dirreskrimsus Kombes Pol Thein Tabero dan jajaran pejabat utama Polda Jambi lainnya.

Kapolda Jambi, Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. menjelaskan bahwa tujuan rakernis ini selain konsolidasi jajaran penyidik krimum dan krimsus, juga dimaksudkan membantu tindak pidana umum dan khusus.

“Serta untuk membangun kesamaan persepsi penyidik serta solusi terhadap kendala yang dihadapi terkait dengan penanganan kasus.”

“Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja penyidikan dalam rangka pencapaian target penyelesaian perkara,” ujar Kapolda.

Ditambahkan Kapolda, tema menyelesaikan masalah mencari solusi, harus dapat direalisasikan dengan baik.

Ini kata Kapolda, karena jaminan rasa keadilan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri, khususnya Polda Jambi di bidang penegakan hukum.

Kapolda juga menyampaikan pesan Presiden RI, terkait dukungan masuknya investor asing, untuk kemajuan perekonomian, termasuk di provinsi Jambi.

“Apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada saat kegiatan rakornas, yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri, salah satu program dari pada pemerintah yaitu Indonesia Maju.

Disamping Indonesia Maju dan sumber daya manusia unggul tapi juga Indonesia sedang menggalakkan investasi untuk mendukung peningkatan daripada pendapatan nasional,” ujar Kapolda.

Sebelumnya, Edi Fariadi menyampaikan rakernis diikuti 217 anggota dari seluruh jajaran Reskrim, jajaran Kanit Reskrim Polres dan Polsek yang ada di jajaran Polda Jambi.

Edi juga menyampaikan adanya Perkap nomor 6 tahun 2019 yang mengedepankan daripada restorative justice dan menekankan pada memecahkan masalah dan menemukan solusi adalah jalan untuk para penyidik melaksanakan penyidikan.

“Maksud dan tujuan dalam pelaksanaan rakernis adalah memberikan informasi dan pengetahuan. Sekaligus arahan atau kebijakan kepada peserta agar memiliki pemahaman dan persepsi yang sama terhadap penegakan hukum yang profesional,” jelas Edi Fariadi. (cbf)