Fachrori: DPR dan DPD Bisa Membantu Pembangunan Jambi

Jambi, Potret.co.id – Gubernur Jambi Fachrori Umar mengadakan pertemuan bersama anggota DPR dan DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi Jambi di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (05/11/2019).

Gubernur mengharapkan agar Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Jambi dapat mengemban tugas dan amanah sebagai wakil masyarakat Provinsi Jambi di parlemen. “Sangat berharap dapat menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi Provinsi Jambi di tingkat pusat dengan harapan ke depan akan lebih banyak program, kegiatan, serta alokasi anggaran pembangunan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Provinsi Jambi,” ungkap Fachrori.

Fachrori menambahkan, Gubernur Jambi sangat mengapresiasi kehadiran anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Jambi pada pertemuan tersebut. “Momen penting dan strategis untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan upaya membangun Jambi yang lebih baik ke depannya,” lanjut Fachrori.

Fachrori mengemukakan bahwa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah pusat masih sangat diperlukan dan saat ini alokasi anggaran maupun kegiatan ke Provinsi Jambi, baik melalui APBN maupun skema Dana Alokasi Khusus masih sangat minim. “Bantuan dan dukungan dari DPR RI dan DPD RI sangat dibutuhkan,” kata Fachrori.

Beberapa program yang dijabarkan Gubernur Jambi di hadapan Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Jambi, di antaranya, Pembangunan Jalan Tol dan Jaringan Kereta Api segmen Palembang–Jambi-Riau, yang merupakan Proyek Strategis Nasional, namun sampai saat ini progres kegiatannya masih sangat lambat.

Lalu, Pembangunan Kawasan Ujung Jabung, meliputi Pembangunan akses menuju pelabuhan Ujung Jabung dan lanjutan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Jambi terus menangani pembebasan lahan dan pembangunan akses Ujung Jabung secara bertahap, dengan alokasi anggaran yang masih sangat terbatas.

Kemudian, Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Kerinci dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Candi Muaro Jambi. Pengembangan kedua KSPN ini diharapkan dapat memicu perkembangan sektor pariwisata di Jambi sekaligus mendorong perkembangan sektor-sektor jasa dan ekonomi lain yang lebih luas.

Lalu, Optimalisasi pemanfaatan energi baru terbarukan melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap, baik sekala kecil rumah tangga, maupun skala besar untuk kantor dan pelayanan publik. Ini dilakukan untuk mensosialisasikan pemanfaatan energi baru terbarukan, sekaligus meningkatkan rasio elektrifikasi, serta mendorong tumbuh berkembangnya usaha mikro. (cbf)