Selain Cantik, Mahasiswi Asal Bungo ini Jadi Wasit Idaman

Bungo, Potret.co.id – Dalam sebuah pertandingan sepak bola, wasit adalah pengatur pertandingan di lapangan. Wasit memiliki hak penuh selama pertandingan kepada seluruh pemain dan pelatih dan tim. Tugas wasit pada umumnya diperankan oleh seorang pria. Namun, berbeda dengan wasit sepak bola satu ini. Dia bernama Ira Chinta, seorang mahasiswi dari Universitas Negeri Padang Sumatera Barat.

Ira merupakan wasit pertama asal Kabupaten Bungo yang memimpin beberapa liga besar di wilayah Kota Padang.

Seorang wanita cantik berusia 20 tahun, warga Pulau Batu Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo ini, mengakui bahwa ia tertarik menjadi wasit, karena ia hobi olahraga dan sering menonton pertandingan sepak bola. Niat bercampur keinginan, ia mengikuti kursus wasit di Lima Puluh Kota, Padang Sumatera barat.

 

Kepada media Potret.co.id, Wanita berparas cantik ini mengakui, bahwa keinginannya untuk menjadi wasit sudah mendapatkan restu dari orang tua dan orang-orang terdekatnya. Dari restu dan dukungan tersebut Ira merasa yakin, dan tekun belajar sampai akhirnya ia sering  mimpin di beberapa pertandingan di kampus dan liga liga di Kota Padang.

“Awalnya masih canggung waktu pertama kali lagi mimpin pertandingan, tapi seiring berjalannya waktu, rasa canggung itu sudah hilang, dan ini berkat doa dari orang tua dan teman-teman,” ucapnya sambil tersenyum.

Ira bercerita, profesi ini adalah tantangan bagi dirinya. Selama ia menjalani tugas menjadi wasit, ia selalu bisa mengatur jadwal kuliahnya. Sekarang Ira sudah Semester 5 di jurusan Pendidikan Olahraga. Suatu saat nanti ia berharap bisa memimpin sebuah pertandingan di liga tahap Nasional.

“Saya berharap beberapa orang akan mengerti bahwa perempuan juga bisa melakukan pekerjaan ini, dan ini sudah membantu biaya kehidupan saya, selama masih menuntut ilmu di tanah Minang ini,” paparnya.

Reporter: Mey