Siswa SMAN 3 Tebo Tuntut Kepseknya Mundur

Tebo, Potret.co.id – Ratusan siswa/i SMA Negeri 3 Kabupaten Tebo berunjuk rasa dilapangan upacaranya. Unjuk rasa ini menuntut agar Kepala sekolah M Firdaus mereka mundur dari jabatannya.

Mereka mengungkapkan bahwa beragam kebijakan yang sudah diterapkan oleh Firdaus sudah sangat menyimpang.

“Selama dirinya menjabat sebagai kepala sekolah, tidak transparan dalam mengelola dana BOS, dan dana senilai rp.900 juta selama setahun tersebut tidak jelas gunanya untuk apa. Selain itu semua kegiatan pramuka tidak lagi menggunakan dana BOS, dan masih banyak lagi kegiatan yang pernah kami juarai tidak dijalankan lagi, dengan alasan tidak ada lagi anggaran untuk itu semua,” terang beberapa murid yang ikut berunjuk rasa.

Mereka juga mengatakan, bahwa setiap anak pindahan dan masuk ke sekolah tersebut, akan minta disuruh beli cat.

“Untuk anak kelas 1 yang baru masuk belum apa-apa sudah diminta uang bayar keramik, yang mirisnya lagi perlengkapan kesehatan di sekolah saat ini sama sekali tidak ada, kalaupun ada hanya ada sebotol minyak kayu putih. Sementara itu yang menjadi hak siswa saja harus bayar, seperti kartu pelajar siswa. Kami maunya kepsek segera diganti. Kami sudah bersabar selama ini,” pinta mereka.

Isu yang berkembang diluar sekolah dari salah seorang wali murid, menuturkan jika selama ini urusan sekolah yang seharusnya diatur oleh Kepsek malah ada campur tangan tangan istrinya.

Sementara Kepsek M.Firdaus masih berada ditengah kerumunan siswa yang demo, berupaya meyakinkan dan memberikan pengertian kepada siswa.

“Tenang anak anakku.kita bicarakan masalah ini baik-baik. Malu banyak bapak bapak wartawan disini,” ucap Firdaus.

Sampai berita ini diterbitkan, kepsek dan para siswa masih mediasi.

Reporter: Ilyas Gunawan