Air Terjun 3 Tingkat di Desa Tebing Tinggi Miliki Potensi Unik

Bungo, Potret.co.id – Air terjun tiga tingkat yang berada di Dusun Tebing Tinggi, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, kabupaten Bungo, Bisa bisa dijadikan tujuan plesiran pada masa liburan dan akhir pekan.

Hasil penelusuran tim Sabtu -Minggu air terjun tiga tingkat memiliki keunikan tersendendiri. Karena airnya, jernih dan dihiasi oleh batu-batu besar, sehingga bisa dijadikan objek wisata bagi masyarakat Bungo.

Ruslan seorang warga sekitar saat dikonfirmasi mengatakan, air terjun tiga tingkat yang terletak di sungai mukud ini, sudah lama ditemukan oleh warga. Namun, pada itu tidak dihiruakan karena belum ada niat untuk menjadikan tempat wisata.

“Kalau ketemunya sudah lama, tapi belum diolah jadi belum ada masyarakat yang datang kesini, untuk berlibur. Tapi baru-baru ini, Rio Dusun kami sudah berencana untuk menjadikan tempat ini, sebagai wiasata dusun,” ungkap Ruslan.

Terpisah, Rio Dusun Tebing Tinggi, M Ziadi saat dikonfirmasi mengatakan, air terjun tiga tingkat di
tembukun sungai mukud ini, sudah berumur puluhan tahun. Tapi uniknya, air yang berada di sungai ini tak pernah kering, meski musim kemarau.

“Inysa Allah, 2020 air terjun di sungai mukud ini, akan dijadikan objek wisata dusun, karena untuk mengolah lokasi ini, memerlukan biasa yang tak sedikit jadi, untuk objek wiasara ini sudah kita usulkan dalam DD,” ungkap Ziadi, Sabtu (5/10).

Untuk diketahui, lokasi air terjun sungai mukud ini tidak begitu jauh dari kota Muara Bungo, masalah akses jalan menuju kesana sudah ada. Tapi untuk kedaraan roda empat hanya bisa diparkir di jalan tak jauh dari lokasi. setelah itu, kurang lebih 2 Km berjalan kaki sampai ke tujuan.(Mey)