Maraknya Kejahatan Seksual Terhadap Remaja, JOIN Go To School ke SMKN 1 Bungo

Bungo, Potret.co.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bungo, menggelar acara Go To School di SMK Negeri 1 Bungo, Senin (30/09/2019).

Acara go to school kali ini, selain mengenalkan tentang media online kepada puluhan siswa, JOIN juga melaksanakan sosialisasi terkait kejahatan seksual dan dampak pergaulan bebas di zaman serba maju.

Dalam hal ini pemateri langsung disampaikan oleh Ketua DPW JOIN Provinsi Jambi Zakaria S.Sos.I. Dengan sub materi tentang kenakalan remaja dan kejahatan seksual terhadap anak.

“Kejahatan seksual itu dominan dilakukan oleh orang dekat, oleh karena itu seluruh anak – anak muda harus lebih waspada terhadap orang dekat, karena bisa saja, hal itu terjadi,” katanya.

Dikatakannya, beberapa kasus kejahatan seksual terhadap anak di Bungo, sudah sering terjadi, ada ayah menghamili anak kandung, anak tiri, bahkan kasus lain terjadi terhadap anak.

“Oleh karena itu, cara jitu untuk menghindari hal tersebut sangat perlu dilakukan sosialisasi dan penyuluhan agar semua siswa bisa menjaga diri, dari kejahatan yang akan menimpa,” katannya.

Sementara itu, materi yang disampaikan oleh ketua DPD JOIN Kabupaten Bungo, Indra Sibarani mengatakan, pentingnya pemahaman bagi anak -anak sekolah terhadap semua infomasi yang masuk. Baik itu, informasi yang diterbitkan dalam berita maupun di media sosial harus lebih bijak menerimanya.

“Jadi JOIN juga berkomitmen, untuk menyajikan berita-berita yang akurat dan berimbang bukan sebaliknya, membuat berita kegaduhan sehingga terkesan membuat berita hoax. Kegiatan ini juga berkat dari hasil rapat bersama pengurus JOIN Bungo,” ungkap Indra.

Sementara itu, sebelumnya kepala sekolah SMKN 1 Bungo, Agus Supriyanto dalam kesempatan itu dirinya juga mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Bungo. Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan.

“Semoga dengan acara seperti ini, seluruh siswa bisa memahami apa itu jurnalis dan bagaimana membedakan mana berita hoax dan mana berita yang benar,” katanya.

Selain itu, para siswa juga mendapat ilmu pengetahuan tentang kejahatan seksusal dan kenakalan remaja di zaman serba canggih.

“Semoga acara yang dilaksankan JOIN bermanfaat bagi seluruh generasi muda di Bungo. Terutama anak-anak sekolah, dan kami juga merasa bangga JOIN bisa berbuat untuk generasi bangsa,” tutup Agus.(*)