Dinas TPHP Bungo Gelar Panen Raya Cabe bersama kelompok Tani Mangun Jayo Mandiri

Bungo, Potret.co.id – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo bersama Pemerintah Kabupaten Bungo, menggelar panen raya cabe, Senin (16/9/2019). Panen cabe itu dilakukan bersama kelompok tani Mangun Jayo Mandiri, Kecamatan Muko-muko Bathin VII.

Kepala Dinas TPHP Bungo, Muhammad Hasbi SP, MSi mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan untuk kelompok tani berupa brigade pompa air, selang air, cultivator, dan bahan obat-obatan untuk kelompok tani Mangun Jayo Mandiri.

“Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan untuk petani atas prestasinya dalam mengembangkan hortikultura di Kecamatan Muko-muko Bathin VII,” paparnya.

Selama 2019, pihaknya telah membantu kelompok tani di Bungo sebanyak 20 hektare. Sebagian lahan tersebut dipergunakan untuk tanaman cabe, dengan tujuan untuk mengantisipasi melambungnya harga cabe. Sebab, Kabupaten Bungo merupakan satu di antara kota yang menjadi sampel inflasi di Provinsi Jambi, dan satu di antara komoditi penyumbang inflasi tersebut adalah harga cabe.

“Komoditi cabe ini biasanya menjadi salah satu penyumbang inflasi di kabupaten Bungo,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bungo, H Mashuri, SP, ME mengatakan, Dusun Mangun Jayo merupakan sentral sayur-sayuran yang ada di Bungo, termasuk cabe.

“Alhamdulillah, perhargaan yang tinggi kita sampaikan ke kelompok tani ini. Kita berharap, petani-petani kita yang ada di Kabupaten Bungo ini semuanya petani yang tangguh,” ujarnya.

Mashuri juga mengatakan, banyak produk sayuran menjadi peluang bagi para petani di Kabupaten Bungo. Pemerintah Kabupaten Bungo, akan berupaya semaksimal mungkin melalui Dinas TPHP agar dapat membantu masyarakat yang ingin bertani. Sejauh ini, Pemkab Bungo sudah membantu pompa, sapro, dan lainnya agar bisa menunjang kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, dia menekankan pada petani agar jangan puas dulu dengan hasil yang didapatkan.

“Jangan puas sampai di sini untuk tanam cabe, sebab ini nanti bisa untuk berkelanjutan,” ujarnya.

Kegiatan itu juga dihadiri Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Widi Rahman, Kajari Bungo, Bimo Budi Hartono, Anggota DPRD Bungo, Kakan Kemenag Bungo, Kepala dan perwakilan OPD dalam lingkup Kabupaten Bungo, Camat, Datuk Rio se-Kecamatan Muko-muko Bathin VII, para mahasiswa KKN STAI Yasni Muara Bungo, dan para petani.

Reporter: Oktavia