Satpol PP Tebo Adakan Rakor Satlinmas Pilkada Serentak

Tebo, Potret.co.id – Satuan polisi pamong praja (Pol PP) kabupaten Tebo dan Satpol pp Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pembentukan Satuan Keamanan Lingkungan di Masyarakat (SATLINMAS) dalam mensukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 di aula Hotel alya Tebo.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Satlinmas yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterlampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kasat Pol pp Tebo, Drs.Taufik Khaldy sekaligus narasumber diacara ini menyapaikan beberapa poin dalam penyampaian nya. Bahwa hanya ada 3 kecamatan yang benar-benar aktif linmas nya dan bukan aktif disaat pemilu saja.

Taufik khaldy juga memberikan materi tentang pembentukan organisasi satlinmas di Kecamatan serta memberi pengetahuan dasar hukum dan tugas pokok dari linmas itu sendiri.

Ia juga menyampaikan, “bahwa kita akan melakukan pembentukan satlinmas Kecamatan paling lambat bulan desember ini dikarnakan satlinmas harus disiapkan hingga dapat melaksanakan kegiatan tugasnya,” terang Taufik.

Kemudian pemateri dilanjutkan dari komesioner KPU kabupaten Tebo, beliau menyampaikan perihal tugas dari linmas saat pemilu merupakan tugas utamanya yaitu sebelum pemilu melainkan dari awal proses pemilu sampai dengan selesai nya pemilu.

Ditempat yang sama, narasumber dari OPD PMD Tebo, membahas biaya operasional satlinmas di dalam dana desa beliau menyampaikan satlinmas merupakan lembaga yang ada dalam desa serta kelurahan sama seperti PKK.

“Perangkat desa dan lainnya namun beliau meminta agar satlinmas membuat proposal pengajuan anggaran operasional linmas itu sendiri agar di proses dan mendapat perhatian dari pemerintah,” tutup nya

Sebelum ditutupnya acara, Taufik menyampaikan, “Kita akan memulai pembentukan dan pelantikan per Kecamatan saja. Saya berharap agar anggota linmas kita mendapatkan perhatian khusus agar dapat melaksanakan tugas nya,” tutup kasat.

Reporter: Ilyas Gunawan