Musim Kemarau, Pemkot Jambi Ajak Masyarakat Sholat Berjamaah Minta Hujan

Jambi, Potret.co.id – Setelah sebelumnya mengeluarkan maklumat Walikota terkait antisipasi dampak kabut asap, kini Pemkot menginisiasi dengan mengajak masyarakat Kota Jambi untuk shalat Istisqa bersama di Lapangan Kantor Walikota Jambi, selasa (20/08/2019).

Kemarau yang berkepanjangan disertai dampak kebakaran hutan dan lahan yang saat ini melanda sebagian wilayah Kota Jambi membuat Pemerintah Kota Jambi mengambil langkah cepat.

Salat Istisqa atau shalat Minta hujan dengan bermohon kepada yang maha kuasa, dianggap dapat menjadi salah satu cara mengantisipasi kekeringan dan dampak kabut asap di Kota Jambi.

Pemerintah Kota Jambi melalui Kepala Bagian Humas, Abu Bakar mengatakan Pemkot akan menggelar shalat minta hujan pada Rabu lusa 21 Agustus 2019.

“InsyaAllah, Rabu (21/08) pukul 08.00 pagi kita akan menggelar shalat Istisqa secara berjamaah di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi. Oleh karenanya, kami mengajak segenap warga Kota Jambi dan sekitarnya mari kita bersama-sama pada Rabu besok berkumpul di lapangan utama kantor Wali Kota untuk menunaikan shalat Istisqa dan bermohon kepada Allah SWT agar Kota Jambi segera diturunkan hujan. Shalat Istisqa juga akan turut dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta segenap jajaran Pemkot Jambi,” kata Abu Bakar.

Abu Bakar menambahkan, yang akan bertindak sebagai Imam shalat adalah Al-Ustadz H. Muhammad Sulhi H. Muhammad Daud Al-Hafizh, Lc., MA, sementara khatibnya adalah Al-Ustadz H. Muhammad Amin Abdullah, M.Kes.

Selain itu, Abu Bakar Mengatakan, Pemerintah Kota Jambi juga mengimbau masjid-masjid dan surau-suarau untuk membacakan doa qunut nazilah dengan hajat bermohon kepada Allah agar segera turun hujan dan terhindar dari dampak kabut asap.

Untuk shalat Istisqa dilapangan utama kantor Wali Kota pada Rabu lusa, Abu Bakar mengingatkan agar para jamaah jangan lupa membawa sajadah atau alas shalat.

“Kami harapkan juga jamaah shalat Istisqa jangan lupa membawa sajadah atau alas shalat,” pungkasnya. (cbf)