Hindari Gagal Panen: Hasbi, Masyrakat Empelu & Tanah Bekali Harus Tanam Padi Serentak

Bungo, Potret.co.id – Untuk mencegah bahaya hama dan kurangnya daya produksi buah padi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi SP. MSI disela kerjanya melalui media ini  menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bungo khususnya di area tanam padi sawah di daerah desa Empelu dan Desa Tanah Bekali agar bersamaan secara keseluruhan dalam melakukan kegiatan tanam padi.

Hal ini disampaikan oleh Hasbi, untuk meningkatkan kualitas buah padi dan ancaman gagal panen dikarenakan adanya hama seperti tikus dan hama lainnya.

Hasbi juga menjelaskan, biasanya didaerah situ masyarakat petani menanam padi secara keseluruhan bersamaan atau serentak, sehingga tidak ada yang namanya gagal panen yang disebabkan oleh hama.

“Kami dari pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bungo  berharap kepada masyarakat setempat, agar dalam melakukan kegiatan tanam padi bisa dilakukan secara bersamaan. Untuk mengurangi resiko seperti gagal panen seperti beberapa waktu yang lalu. Bila serentak, serangan hama akan berkurang, karena ukuran dan luas tanam semakin besar,” harap Hasbi.

Hasbi juga menganjurkan dalam memilih benih, agar bisa menggunakan benih yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah. Dan para petani jangan memakai benih yang sudah lama. “Karena benih yang sudah lama itu bisa juga bisa mengurangi hasil buah padi. Kami dari Dinas sudah menyediakan benih setiap tahunnya, dan kepada petani agar bisa menggunakan benih yang sudah kami sediakan,” terangnya.

Penulis       : Oktavia
Edittor       : Mey Landry