Walikota Fasha jadi Irup Peringatan Kelahiran Pancasila

Jambi Potret.co.id – Walikota Jambi, H. Syarif Fasha Pimpin upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Minggu (01/06/19).

Walikota Jambi, yang dalam kesempatan tersebut membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Sebagai bangsa Indonesia kita masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan.

Hingga kini berkat Pancasila Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis.

Masyarakat hanya dapat diajukan dalam bingkai kebangsaan yang inklusif proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam konteks itulah sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan, karena kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai negara.

Selain itu, peringatan hari kelahiran Pancasila juga Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus menemukan komitmen terhadap ideologi negara. Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum rumusan Piagam Jakarta. Oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945, oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI tanggal 18 Agustus 1945, tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkaan.

Kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, karena yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus-menerus.

Terlihat para peserta upacara yang hadir Wakil Walikota Jambi, Kapolresta Jambi, Kepala OPD Pemerintah Kota Jambi. (cfd)